Herman Deru Ingin Stadion Baru di Empat Lawang Jadi Cikal Bakal Tumbuhnya Atlet Berkualitas

#Gelontorkan Ratusan Milyar Untuk Infrastuktur


EMPAT LAWANG -liputansumsel.com-- Gubernur Sumsel H Herman Deru memiliki perhatian besar terhadap kabupaten di Sumsel. Bahkan, HD rela menggelontorkan bantuan ratusan milyar untuk kabupaten di Sumsel agar bisa terus berkembang, termasuk perkembangan pembangunan.


Seperti di Kabupaten Empat Lawang misalnya. HD menggelontorkan dana  dengan total Rp144 milyar untuk pembangunan kabupaten tersebut.


Dimana Rp 9 milyar diberikan untuk membantu pembangunan stadion mini. Sementara Rp Rp134 milyar untuk pembangunan dan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan.


"Ada Rp144 milyar dan provinsi yang diberikan untuk kabupaten ini. Namun, saya rasa itu belum cukup dibanding dengan upaya masyarakatnya yang turut membantu membangun daerah ini," kata HD, disela Peletakan Batu Pertama Pembangunan Stadion Mini dan Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kabupaten Empat Lawang.


Menurut HD, bantuan untuk pembangunan stadion tersebut merupakan dana yang berasal dari CSR PT Bukit Asam untuk Provinsi Sumsel. Diketahui dana CSR PT Bukit Asam yang awalnya senilai Rp128 milyar tersebut rencananya diberikan untuk pembangunan convention hall di ibukota Palembang.


Namun karena melihat kondisi sarana dan prasarana di Sumsel yang belum merata, HD mengalihkan dana untuk pembangunan stadion di 10 Kabupaten.


"Kita tidak asal-asalan dalam membangun, termasuk untuk olahraga ini. Saya ingin Indonesia ini memiliki club sepakbola yang membanggakan, namun akan lebih bangga lagi jika pemainnya berasal dari Sumsel. Untuk itu pembangunan sarana olahraga ini juga menjadi fokus kita. Diharapkan dapat menjadi cikal bakal tumbuhnya atlet sepakbola asal Empat Lawang," imbuhnya.


Terlebih, Sumsel sendiri akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20. Tentunya sarana dan prasarana maupun stadion pendukung dibututuhkan agar pelaksanaannya dapat berjalan sukses.


"Kita (Sumsel) akan menjadi tuan rumah piala dunia U-20. Secara otomatis kita harus bersiap agar pelaksanaannya dapat berlangsung Sukses," paparnya.


Sementara soal infrastruktur jalan yang saat ini akan dilakukan pembenahan, menurut HD, jalan tersebut secara tanggung jawab kewenangannya ada dibawah Pemkab Empat Lawang. 


"Namun saat ini kita ambil alih untuk ditingkatkan. Ini menandakan adanya ke kompakan antar kepala daerah. Sebab, modal membangun daerah adalah kompak, agar daerah lebih cepat maju," terangnya.


Disisi lain, dia menerangkan, jika dalam kurun waktu 2 tahun belakangan dirinyabmemang fokus melakukan pembangunan yang merata di Sumsel.


"Kita memang sedang fokus melakukan pemerataan pembangunan ini, karena ini memang wajib  karena masyarakat di Sumsel memiliki hak yang sama untuk meeasakan pembangunan. Saat ini, 90 persen konektivitas sudah tercapai. Target kita akhir 2020 ini bisa selesai semuanya," katanya.


Pada kesempatan itu, selain meninjau jalan yang akan ditingkatkan, HD juga meninjau Asphalt Mixing Plant (AMP) atau unit produksi campuran beraspal. AMP sendiri merupakan seperangkat peralatan mekanik dan elektronik dimana agregat dipanaskan, dikeringkan dan dicampur dengan aspal untuk menghasilkan campuran beraspal panas yang memenuhi persyaratan tertentu.


"Disini kita tidak hanya melihat kuantitas tapi kualitas juga kita kedepankan. Dengan pemerataan pembangunan ini, target kita untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat tercapai. Termasuk juga soal kemiskinan dapat berkurang. Bukan hanya dalam bentuk angka, namun juga yang dirasakan masyarakat,"lanjutnya.


Sementara itu, Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad mengatakan, kehadiran Guberjur Sumsel H Herman Deru di Kabupaten Empat Lawang tentu menjadi penyemangat masyarakat dalam mendorong pembangunan ini.


"Kehadiran bapak gubernur ini menambah semangat kami untuk membangun kabupaten ini. Perhatian pak gubernur ini sangat luar biasa," kata Joncik.


Dia meyakini, pembangunan stadion di lahan seluas 2,5 hektar tersebut akan berdampak besar untuk perkembangan olahraga di Kabupaten Empat Lawang.


"Stadion ini akan menjadi kebanggaan masyarakat. Kami sangat berterima kasih, termasuk juga bantuan peningkatan akses jalan ini tentu akan mempermudah masyarakat dalam berekonomi," pungkasnya.


Untuk diketahui, kegiatan itu juga dihadiri Wakil Bupati Empat Lawang Yulius Maulana, Anggota DPRD Sumsel H Alfrenzi Panggarbesi, Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Setda Provinsi Sumsel Yohanes H Toruan dan sejumlah OPD di lingkungan Pemprov Sumsel dan Pemkab Empat Lawang
loading...

Post a comment

0 Comments