Herman Deru Siap Bantu Pembangunan Stadion di Kabupaten OKI Tahun Depan

* Gubernur Hadiri Sidang Paripurna HUT Kab. OKI ke-75 Tahun 2020


OKI - liputansumsel.com--Selain menyiapkan bantuan anggaran senilai satu digit (dalam miliaran), Gubernur Sumsel H.Herman Deru juga berkomitmen membantu membangunkan stadion bagi warga Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Pernyataan itu disampaikannya saat menghadiri Rapat Paripurna XXXI Masa Persidangan III DPRD dalam rangka memperingati hari jadi ke-75 Kabupaten OKI, Minggu (11/10/20).


Dikatakan HD, di usianya yang semakin matang OKI telah menunjukkan banyak kemajuan. Selain mendapat penghargaan dari pusat karena penanganan Covid tercepat, produksi pangan di OKI juga diakuinya sangat pesat hingga masuk jajaran 3 kabupaten tertinggi penghasil pangan di Sumsel. Dengan potensi perluasan areal tanam baru (PATB) yang ada, Ia bahkan optimistis produksi pangan di OKI yang tadinya 1 juta bisa ditingkatkan menjadi 2 ton.


Tak hanya menyinggung soal sektor pertanian, kesempatan itu juga dimanfaatkan HD untuk menyoroti masalah infrastruktur yang menurutnya belum begitu sempurna karena keterbatasan APBD.


"Kalau sekitar 1 digit dari ABT ada, memang sudah Saya siapkan untuk kado. Ini bisa digunakan untuk pengaspalan atau layer yang masih mungkin dilakukan sampai akhir tahun. Nanti kalau PTBA belum bisa bantu Saya akan bantu bangun GOR atau stadion untuk OKI, Saya yang bantu pakai dana APBD 2021," tegas HD.


Selain itu HD juga mengapresiasi bantuan dan kerja keras Bupati, anggota dewan dan masyarakat OKI yang sudah bersusah payah membuat Sumsel zero Karhutla tahun ini. Upaya Pemkab maupun masyarakat menyediakan spanduk-spanduk peringatan untuk tidak membakar lahan berhasil membuat masyarakat sadar sehingga dapat menekan Karhutla.


Namun demikian hal itu tak boleh membuat masyarakat lengah dan abai. Sebaliknya hal itu perlu terus dilakukan secara konsisten agar Sumsel bebas Karhutla di tahun-tahun mendatang.


" Dan HUT ini bisa menjadi sarana kita bersyukur, evaluasi serta introspeksi tentang apa-apa saja yang sudah dilakukan. Apalagi HUT ini digelar hari Minggu. Artiny apa? spirit kita menghadapi masalah sama. Gak ada lagi hari Minggu. Everyday is Monday," ucapnya.


Dalam kesempatan itu HD juga mengajak masyarakat untuk tetap produktif dalam masa pandemi. Dengan tetap berkegiatan baik bertani padi, karet maupun menjalankan usaha. Tentunya dengan menerapkan protokol kesehatan sesuai Pergub 37 Tahun 2020 yang dikeluarkannya. 


"UMKM kita harus kuat. Karena inilah kelebihan kita dibandingkan negara seperti Singapura dan lainnya. Jadi kita harus tetap semangat menjadi yang terbaik di Sumatera apalagi tahun depan Sumsel akan jadi tuan rumah Piala Dunia U-20," ujar HD.


Dengan kelebihan dan kekurangannya itu HD mengatakan bahwa OKI sudah tepat memiliki Bupati seperti Iskandar SE. Dengan terobosan dan program yang digencarkannya, Ia meyakini OKI Mandiri dan Sejahtera (Mandira) yang menjadi slogan mereka dapat segera terwujud.


Sementara itu Bupati OKI Iskandar SE mengatakan memang sudah menantikan kado istimewa dari Gubernur Sumsel. Dengan bantuan itu Ia berharap pelayanan pada publik OKI tetap dapat diberikan dengan maksimal di tengah kondisi pandemi seperti sekarang.


Di usianya yang ke-75 ini meski terkendala Covid Ia tetap berkomitmen mewujudkan cita-cita pemimpin terdahulu menjadikan masyarakat OKI yang sejahtera. Tak hanya memprioritaskan peningkatan pangan tapi juga penyediaan jaringan listrik menyeluruh kepada warga OKI.


Adapun Tema HUT kali ini adalah Mari Berinovasi dan kolaborasi bersama melawan Pandemi Covid menuju OKI lebih Maju Adil dan Sejahtera. Kegiatan paripurna inipun digelar secara virtual yang dihadiri oleh sejumlah pejabat penting lainnya seperti Ketua DPRD Provinsi Sumsel R.A Anita Noeringhati, Wakil Bupati OKI Imam Djakfar Shodiq, Ketua TP PKK OKI serta Ketua DPRD Kabupaten OKI beserta Forkompimda Kabupaten OKI.


Setelah mengikuti rapat paripurna di Gedung DPRD OKI, Gubernur juga menyempatkan diri bersilaturahmi dengan sejumlah Kepala Desa serta Camat di Pendopoan Rumah Dinas Bupati OKI sebelum bertolak kembali ke Palembang.******



Judul : Buktikan Cinta pada Kedua Orang Tua, Herman Deru Hadirkan Masjid Cantik Al Hayza di OKI


OKI - Dalam lawatannya menghadiri HUT Kabupaten Ogan Komering Ilir ke-75, Minggu (11/10/20) Gubernur Sumsel H.Herman Deru sempat singgah sekaligus meninjau pengerjaan pembangunan Masjid Al Hayza di Desa Srinanti Kecamatan Pedamaran Kabupaten OKI. Masjid ini istimewa karena menjadi bukti cinta HD beserta ke-13 saudaranya kepada almarhum kedua orang tuanya Hj. Hayani dan H.Hamzah.


Di bawah guyuran hujan gerimis HD meninjau langsung pembangunan masjid di lahan seluas satu hektare tersebut. Tak hanya untuk masyarakat beribadah, HD berharap kehadiran Masjid Al Hayza yang berada persis di pinggir jalan poros itu nantinya dapat menjadi pusat pendidikan Islam. Bahkan dengan rancangan bangunan yang indah, Ia berharap masjid Al Hayza akan menjadi sarana syiar Islam di daerah tersebut. 


"Ini dipersembahkan untuk umat Islam dan warga Srinanti. Semoga ini bisa dimanfaatkan untuk beribadah baik bagi warga maupun pengendara melintas yang transit. Ini adalah bukti cinta kami 14 saudara kepada kedua orang tua kami. Makanya ini diberi nama Hayza yang merupakan singkatan dari nama mereka Hj. Hayani dan H. Hamzah, " tutur HD.


Selama ini kata HD kebetulan di sekitar jalan poros tersebut belum ada masjid yang dapat menampung jamaah dalam jumlah besar. Oleh karena itu Ia berharap keberadaan masjid ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal. Ia bahkan bersyukur jika nanti masjid dapat dijadikan sarana untuk melakukan syiar Islam.


"Kita doakan semoga pembangunan masjid ini sesuai target. Dan kedepan ini menjadi tempat ibadah yang membanggakan dan menjadi tempat wisata religius," ujarnya.


Tak hanya tempat ibadah, rencananya kata HD di sekitar komplek masjid juga akan dibuat semacam kolam ikan produktif yang dikelola serius. Mulai dari kolam pemijahan hingga produksi. Untuk bagian ini HD meminta pemerintah desa bersama warga setempat ikut berkontribusi.


"Semoga Masjid Al Hayza ini segera selesai dan bisa segera diresmikan sehingga manfaatnya bisa segera dinikmati masyarakat umum," tandas HD.

loading...

Post a comment

0 Comments