Kajati Propinsi Sumsel Berterima Kasih Kepada Pemkab Muara Enim di Acara Peletakan Batu Pertama


Muara Enim, Liputansumsel.com--Pembangunan gedung baru kejaksaan negeri Muara Enim diharapkan mampu meningkatkan kinerja insan korps Adhyaksa dalam memberikan pelayanan terbaiknya terhadap perkara di tengah masyarakat dalam mencari keadilan.


” Pembangunan sarana dan prasarana kantor yang baru ini harusnya berbanding lurus dengan peningkatan kinerja aparat Kejaksaan berdiri paling depan dalam mengatasi permasalahan hukum,” kata Kajati Sumsel Dr. Wisnu Baroto M.Hum saat melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung Kejari Muara Enim yang baru di kawasan Islamic Center Kabupaten Muara Enim, Kamis (8/10/2020).


Pada kesempatan itu Kajati juga menyampaikan, terima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang telah membangun gedung baru Kejari Muara Enim.


” Terima kasih kepada Pemkab Muara Enim yang telah memberikan lahan, sekaligus membangun gedung untuk Kejari Muara Enim. Kalau di Kabupaten Musi Rawas, kita hanya dikasih tanah, untuk gedung membangun sendiri,” ungkapnya.


Sementara itu, Kajari Muara Enim Mernawati, S.H menambahkan, salah satu latar belakang dilaksanakannya pembangunan gedung kantor Kejaksaan Negeri ini adalah dalam rangka penataan kota Muara Enim sesuai dengan perencanaan tata ruang wilayah Kabupaten Muara Enim dengan peraturan daerah Kabupaten Muara Enim yang berlokasi di kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Muara Enim berada di Komplek Islamic Center Kota Muara Enim.


Kemudian, lahan yang telah dilepaskan kurang lebih 2 hektar dengan luas bangunan 3300 m2 yang bersumber dari dana APBD Tahun Anggaran 2020 dan 2021 dalam lingkup dinas PUPR Kabupaten Muara Enim.


” Pembangunan kantor ini dilaksanakan dalam dua tahap, tahap pertama dilaksanakan pada tahun 2020 dengan Pagu anggaran sebesar Rp. 7 miliar dan tahap kedua akan dilaksanakan pada tahun 2021 dengan anggaran sebesar Rp. 8 miliar,” jelas Mernawati.


Adapun pembangunan kantor ini meliputi pembangunan fasilitas gedung utama, fasilitas ruang barang bukti, klinik kesehatan, mess pegawai, musholla, tempat olahraga, pos penjagaan serta fasilitas infrastruktur lainnya," imbuhnya.


” Terima kasih kami ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Muara Enim yang telah membantu mulai dari perencanaan dan penganggaran pembangunan gedung kantor yang baik dengan Pemerintah Kabupaten Muara Enim akhirnya proses pembangunan gedung kantor baru bisa terlaksana pada hari ini yaitu peletakkan batu pertama,” tutupnya.


Disisi lain, Plt. Bupati Muara Enim mengatakan, sudah sepantasnya melakukan pembenahan dan penataan terhadap fasilitas pelayanan publik yang menjadi kebutuhan mendasar di wilayah administratif pemerintahan, salah satunya adalah perkantoran, termasuk dalam hal ini Kantor Kejaksaan Negeri di wilayah yuridiksi Kabupaten Muara Enim.


” Melihat kondisi kantor yang ada saat ini, memang dirasakan sudah perlu untuk dibenahi dan dikembangkan demi menunjang kinerja Kejaksaan Negeri Muara Enim kedepannya. Oleh sebab itulah, Pemkab Muara Enim merencanakan pembangunan Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim yang baru dengan lahan yang lebih luas, bentuk yang lebih modern, tertata dan representatif sehingga nantinya terasa lebih bersahabat dan siap memberikan pelayanan prima kepada semua masyarakat,” ucap Juarsah.


Masih kata Juarsah, Adapun pemilihan lokasi ini yaitu selain keterbatasan lahan yang sulit untuk dikembangkan di lokasi yang lama, di lokasi ini juga merupakan kawasan perencanaan pengembangan pusat pemerintahan atau perkantoran Kabupaten Muara Enim.


” Nantinya juga lokasi beberapa perkantoran lainnya, seperti Markas Kodim 0404 Muara Enim, Polres Muara Enim dan juga Kantor Bupati Muara Enim yang akan dibangun pada lokasi di komplek Islamic Center ini,” ujarnya.

loading...

Post a comment

0 Comments