Bupati Muba Anugerahkan Penghargaan OPD Pengolah Arsip Terbaik


MUBA- liputansumsel.com-- Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menganugerahkan Piagam Penghargaan kepada Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Muba yang mengelola kearsipan terbaik di tahun 2020.


Piagam penghargaan ini diserahkan Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA didampingi Wakil Bupati Beni Hernedi secara langsung saat Pemkab Muba saat Acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) petikan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) dan penyerahan Daftar Alokasi Transfer Ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2021, Selasa (8/12/2020) di Auditorium Pemkab Muba.


Adapun penerima Penghargaan atas Pengelolaan Arsip Tahun 2020 OPD

(Hasil Pelaksanaan Audit Kearsipan internal tahun 2020) ada dua Kategori diantaranya Kategori Unit Pengolah Terbaik dan Kategori Unit Kearsipan II Terbaik diantaranya sebagai berikut :


Untuk Kategori Unit Pengolah terbaik pada Sekretariat Daerah Muba, Bagian Pengadaan Barang dan Jasa mendapatkan terbaik I dengan nilai 67 predikat B (Baik), terbaik II Bagian Kerjasama nilai 62 B, dan sebagai terbaik III Bagian Perencanaan dan Keuangan Setda Muba nilai 61 B.


Pada Dinas atau Badan dalam Kabupaten Muba, unit pengolah terbaik pertama diberikan kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan nilai 84 A (memuaskan), terbaik kedua adalah Dinas Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah nilai 80 BB (sangat baik), terbaik tiga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) nilai 73 BB.


Kemudian Dinas Komunikasi dan Informatika Muba mendapatakan Unit Pengolah terbaik harapan I nilai 64 B, harapan II Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa nilai 61 B, dan harapan III diberikan kepada Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Muba nilai 59 CC.


Tingkat Kecamatan terbaik I adalah Jirak Jaya nilai 80 BB, kedua Lais nilai 59 CC, dan Plakat Tinggi sebagai terbaik III denfan nilai 57 CC.


Selanjutnya ketegori unit kearsipan II terbaik, Tingkat Dinas/Badan sebagai Terbaik I adalah Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba nilai 68 B, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah terbaik II nilai 64 B, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil terbaik III nilai 57 CC, Dinas Komunikasi dan Informatika Muba nilai 55 CC terbaik harapan I, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah terbaik harapan II nilai 54 CC, dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai terbaik harapan III dengan nilai 51 CC.


Tingkat Kecamatan terbaik I Kecamatan Lais nilai 52 CC, Jirak Jaya terbaik II nilai 51 CC, serta Kecamatan Tungkal Jaya menjadi terbaik III nilai 50 C.


Dalam kesempatan tersebut, Bupati Dr H Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA  mengatakan penghargaan ini merupakan apresiasi untuk Organisasi Perangkat Daerah terkait pengelolaan arsip.


"Diharapkan kedepannya seluruh Organisasi Perangkat Daerah dapat lebih meningkatkan lagi dalam pengelolaan arsip," katanya.


Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Muba Drs H Yohanes Yubhar menambahkan agar kepada OPD agar Peraturan Perundang-undangan tentang kearsipan dapat menjadi pedoman dalam menjawab persoalan yang selama ini melekat pada penyelenggaraan kearsipan.


"Mari kita bersama-sama menjunjung tinggi supremasi Peraturan Perundang-undangan tentang kearsipan. kita harus menjamin bahwa kita tertib arsip di lingkungan Pemkab Muba,"pungkasnya.

No comments

Powered by Blogger.