Kesigapan Hadapi Potensi Bencana Awal Tahun, ACT MRI Sumsel Gelar Apel Siaga


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Persiapan menghadapi musim penghujan dan siaga bencana fenomena La Nina menjelang awal tahun, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) wilayah Sumsel melakukan apel kesiapsiagaan sekaligus pelatihan water rescue dalam upaya hadapi potensi bencana tahun 2020/2021. Kegiatan yang digelar di Bumi Perkemahan Gandus, Palembang pada Selasa (22/12).


“Apel yang diikuti oleh 50 peserta dari beberapa perwakilan koordinator daerah MRI Sumsel. Apel bertujuan mengomandokan kesiapsiagaan kepada anggota tim Emergency Response (ER) MRI ACT se-Sumatera Selatan, untuk menghadapi potensi bencana akhir dan awal tahun,” kata Deni Marlesi selaku Branch Manager ACT Sumsel


Cuaca menjelang akhir dan awal tahun yang dipenuhi dengan hari hujan intensitas tinggi yang dipengaruhi fenomenan La Nina menjadi salah satu penguat diadakannya apel siaga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) wilayah Sumatera Selatan pun mencatat ada 10 daerah rawan banjir. Sepuluh daerah tersebut adalah Musi Rawas, Pali, Oku Timur, Banyuasin, Musi Banyuasin, Musi Rawas Utara, Musi Banyuasin, Empat Lawang, OKI, Ogan Ilir dan Prabumulih.


Fenomena La Nina yang bersamaan dengan musim hujan ini bisa memberikan dampak berupa bencana Hidrometeorologi banjir, banjir bandang,  tanah longsor, angin kencang, dan putting beliung. Untuk itu Deni Marlesi juga mengingatkan kepada para koordinator daerah MRI Sumsel untuk melatih profesionalitas dalam penanganan bencana. 


“Kita harus siap siaga dalam kondisi sesulit apapun, jadi Fisik, Mental dan Stamina harus terus dilatih. Sehingga kapanpun terjadi bencana kita bisa siap membantu masyarakat,” kata dia


Pada bulan November lalu, ACT MRI Sumsel juga sempat melaksanakan kegiatan pelatihan water rescue, dan dalam kesempatan kali ini usai apel siaga, seluruh anggota langsung kembali mengikuti rangkaian latihan water rescue atau penyelamatan dalam air menggunakan perahu karet, untuk memaksimalkan kemampuan para anggota tim Emergency Response MRI ACT Sumsel.(Ril/A2)

No comments

Powered by Blogger.