Header Ads


 

TPKS Direnovasi Kini Semakin Elok dan Menawan


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) atau biasa dikenal dengan sebutan Situs Karanganyar  merupakan salah satu tempat bersejarah yang ada di Kota Palembang Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).


Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya yang berada di Jalan Syakyakirti Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Gandus tersebut  merupakan salah satu tempat bekas pemukiman kerajaan yang ada dibumi sriwijaya.Hal tersebut dibuktikan dengan ditemukannya berbagai banyak benda peninggalan Kerajaan Sriwijaya, seperti sisa bangunan bata, sejumlah fragmen gerabah keramik, manik-manik,perahu dan benda-benda bersejarah lainya.



Untuk menjaga dan melestarikan tempat tersebut tepatnya pada tanggal 22 Desember 1994 Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia Soeharto ditandai dengan peletakan reflika kedukan bukit yang merupakan tonggak sejarah lahirnya kerajaan sriwijaya.


Kepala UPTD Taman Pariwisata Kerajaan Sriwijaya (TPKS) Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumatera Selatan, Nur Yasin menyampaikan bahwa Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya merupakan salah satu situs bersejarah yang ada dikota Palembang.


"TPKS ini merupakan salah satu aset bersejarah yang ada di Provinsi  Sumatera Selatan, luas lahan tpks sekitar 20 hektar yang dilengkapi oleh tiga bangunan seperti gedung museum, gedung pendopo dan gedung prasasti,"ujarnya, kamis (11/02/2020).


Gedung museum digunakan untuk menyimpan arkeologi peninggalan Kerajaan Sriwijaya, Sementara gedung Pendopo digunakan sebagai tempat untuk mengadakan berbagai kegiatan seperti kegiatan pameran-pameran, temporer, seminar dan lain-lain gedung prasasti tempat menyimpan reflika prasasti kedukan bukit serta prasasti peresmian TPKS.


"TPKS merupakan obyek wisata yang dapat dijadikan tempat edukasi mengenai sejarah masa lampau. Disini disediakan wadah sarana  dan fasilitas yang baik sehingga para  pengunjung  peneliti dan peminat sejarah bisa mendapatkan pengetahuan dan pemahaman mengenai sejarah,"


"pengunjung dapat menjumpai berbagai macam  barang-barang peninggalan sejarah dimasa kerajaan sriwijaya yang tersimpan dengan baik di museum,"ujarnya.


Yasin menambahkan untuk tetap melestarikan TPKS sekaligus meningkatkan pengujung berwisata saat ini sedang melakukan berbagai renovasi dan perbaikan dikawasan tersebut. 


"Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya (TPKS) melakukan perbaikan seperti pagar kawasan serta penambahan taman hiburan,"


"Penambahan fasilitas ini bagian dari upaya menarik pengunjung. Jadi tidak hanya digunakan sebagai tempat rekreasi tpks ini juga dapat dinikmati untuk berbagai kegiatan seperti pentas seni dan kebudayaan dan lain-lain," pungkasnya.(Ali).

No comments

Powered by Blogger.