Header Ads

Puluhan Produk Olahan Nanas "Unjuk Gigi" Di Pasaran


PRABUMULIH
,liputansumsel.com –Julukan Prabumulih Kota Nanas ternyata bukan semboyan saja.ternyata Prabumulih merupakan daerah penghasil nanas.Nanas asal Bumi seinggok sepemunyian ini di klaim adalah nanas termanis di indonesia.

    Hasil Panen yang melimpah tiap tahunnya membuat nanas prabumulih tidak hanya dijual di pasaran lokal tetapi juga diekspor.saat ini Kelompok tani yang berada di kota Prabumulih sedang  mengembangkan produk olahan nanas.


 "Tak hanya sekedar untuk hidangan penutup, atau sekedar dirujak buah Nanas Kota Prabumulih kini mulai banyak diolah menjadi olahan minuman hingga makanan.Untuk olahan nanas sudah banyak. Dari minuman nacare, canarai terbaru panarai. Kemudian juga bisa dibuat selai, bolu nanas, keripik wajik banyak sekali sudah dibuat produk dari olahan nanas,” kata Wakil TP PKK Hj Reni Indayani SKm, belum lama ini.

Istri Wakil Walikota H Andriansyah Fikri SH ini menuturkan, saat ini ada sekitar 20 produk olahan nanas yang dikembangkan oleh UP2K ataupun kelompok-kelompok yang ada di Kota Prabumulih.

“Lebih dari 20 sekarang, ada terbaru kemplang nanas. Bahkan itu sudah kita bawa bersama ibu ketua dekranasda di pameran dekranasda,” tuturnya.

 Sejauh ini,lanjut Reni untuk pemasaran pembeli datang langsung ke pemilik usaha olahan nanas. UP2K biasanya mereka langsung dihubungi konsumen, yang sudah pernah mencicipi produk nanas yang di jual. Tapi kalau untuk tempat menampung khusus hasil nanas belum ada.

“Mungkin nanti kita buat toko oleh-oleh yang menampung khusus olahan nanas, karena kita tetap dengan ikon kita kota nanas,” tukasnya.

Untuk diketahui, saat ini setidaknya beberapa produk unggulan di kelurahan desa telah menonjolkan olahan dari buah nanas. Di Desa Sinar Rambang misalnya, minuman khas nanas yakni Nacare mulai ramai pemesan. Sementara disejumlah UP2K produk olahan nanas banyak diburu untuk oleh oleh. Tak terkecuali bolu selai nanas yang kini banjir pesanan

 

No comments

Powered by Blogger.