Wawako Buka Rakor Penetapan Pelayanan Dan Target Sasaran IVA

 


Prabumulih–liputansumsel.com Wakil Walikota (Wawako) H Andriansyah Fikri SH meminta dukungan kecamatan hingga kelurahan/desa untuk mensukseskan program pelayanan dan target sasaran IVA.Hal itu diungkapkannya ketika membuka kegiatan Rapat Kordinasi (Rakor) penetapan pelayanan dan target sasaran IVA di Gedung Kesenian Rumah Dinas (Rumdin) Walikota (Wako), Senin (15/3/2021).


“Khususnya, TP PKK Kecamatan hingga Kelurahan/Desa punya peranan penting dan ujung tombak pelayanan dan target sasaran IVA. Makanya, kita mohon dukungannya guna menyukseskan program tersebut. Kita minta Dinkes bersama TP PKK membentuk tim untuk melakukan sosialisasi IVA,” ujar Fikri, sapaan akrabnya.


Sambungnya, pemeriksaan IVA ini dinilai sangat efektif dalam mengantisipasi kanker servik atau kanker leher rahim. “Makanya, pentingnya sekali mengimbau kepada masyarakat untuk memeriksakan diri khususnya kaum perempuan secara dini. Sehingga, bisa ditangani secara cepat dan mudah. Apalagi, pemeriksaannya gratis dibiayai pemerintah,” warningnya.



 Sebutnya, kalau sudah stadium lanjut. Jelas biayanya mahal sekali, makanya lebih baik mencegah dari pada mengobati. “Kaum perempuan, hendaknya pemeriksaan secara dini guna mencegah dan antisipasi kanker serviks melalui IVA ini. Kalau dideteksi dini, biaya pengobatannya masih relatif murah,” bebernya.


Lanjut Fikri kalau program IVA di Prabumulih sangat luar biasa. “Sejak 2014, Prabumulih sudah melaksanakan IVA di seluruh kecamatan hingga kelurahan/desa. Di tengah pandemi Covid-19, program IVA ini bisa berjalan tetap optimal. Makanya, perlu jemput bola untuk melakuka pemeriksaan IVA,” jelasnya.


Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), dr H Happy Tedjo TS MPH melalui Sekretari Dinas (Sekdin), dr Sriwidiastuti menambahkan, kalau tujuan kegiatan ini guna meningkatkan kerja sama antar pihak dalam pelayanan IVA.

Dalam menyukseskan program ini, kata dia, memang butuh dukungan dan bantuan semua pihak. “Makanya, kita mohon dukungan TP PKK Kecamatan hingga Kelurahan/Desa dalam menyukseskan program deteksi dini kanker serviks melalui IVA. Capai 2020, sebesar 84 persen. 2021, kita targetkan 100 persen,” pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.