Header Ads

Sepuluh Ribu Mangrove dari Somethinc untuk Desa Bedono


liputansumsel.com--Tree of Life dari Somethinc untuk BumiPlatform penggalangan dana online serta pegiat gerakan pelestarian alam, LindungiHutan, baru saja menyelesaikan aksi penanaman bibit mangrove di Demak, Jawa Tengah pada 28 Februari 2021 lalu. Aksi penanaman dengan tajuk “Tree of Life” ini merupakan hasil dari kerja sama yang dilakukan oleh LindungiHutan bersama dengan Somethinc, brand kecantikan lokal asli Indonesia. Pada penanaman kali ini, Somethinc bersama LindungiHutan telah berhasil memberikan 10.001 bibit mangrove Rhizophora untuk ditanam di Desa Bedono, Demak, Jawa Tengah. Bibit mangrove yang ditanam memiliki kondisi yang baik dengan rata-rata tinggi 80 cm dan diameter kurang lebih 2 cm. Aksi penanaman ini dihadiri 25 orang yang terdiri atas tim internal LindungiHutan, tim Somethinc, relawan LindungiHutan Demak, relawan LindungiHutan Semarang, juga mitra petani LindungiHutan.



Penanaman 10.001 Bibit Mangrove dari Somethinc bersama LindungiHutan © Dokumentasi LindungiHutan


Kampanye alam “Tree of Life” ini merupakan perwujudan dari komitmen Somethinc untuk bisa mempercantik dunia. Bagi Somethinc, mempercantik dunia bukan hanya mempercantik manusia melalui produk mereka, tetapi juga dengan mempercantik alam yang ditinggali bersama. Pada kampanye ini, Somethinc berusaha mengajak konsumennya untuk turut terlibat dalam upaya pelestarian alam. Mulai Oktober 2020 lalu, setiap pembelian Somethinc Copy Paste Mesh Cushion SPF 33 PA++ berarti sama dengan menyumbang Rp10.000 yang setara dengan satu pohon mangrove untuk penanaman. Antusiasme konsumen Somethinc sangat besar karena mereka tidak hanya mendapatkan produk kecantikan yang berkualitas, tetapi juga melestarikan alam di saat yang bersamaan. Pada akhir masa kampanye di bulan Februari, Somethinc berhasil mengumpulkan 10.001 pohon yang diharapkan dapat tumbuh dan bermanfaat bagi bumi ke depannya.


Somethinc, Brand Kecantikan yang Melindungi 

Somethinc merupakan sebuah brand lokal kecantikan asli Indonesia yang lahir di tahun 2019. Meski kemunculannya belum lama, Somethinc mencuri banyak perhatian dengan produk-produknya yang menarik dan inovatif. Produk kosmetik dan perawatan kulit dari Somethinc berasal dari bahan-bahan aktif berkualitas tinggi dan terbukti bermanfaat bagi kulit. Somethinc memberikan formulasi produk terbaik namun dengan harga yang tetap terjangkau bagi berbagai kalangan. Selain itu, Somethinc juga telah memiliki sertifikasi halal sehingga konsumen tidak perlu khawatir akan kandungan yang tidak sesuai dalam produk-produk yang hendak dibeli. Dengan seluruh manfaat yang dimilikinya, Somethinc mendapatkan penghargaan sebagai Best Newcomer Brand tahun 2019 dari Female Daily serta menjadi salah satu Top 50 Indonesia Brand oleh Katadata.


Tidak hanya berhenti di sana, Somethinc juga menyadari pentingnya lingkungan bagi keberlangsungan bisnis mereka, sehingga merawat lingkungan menjadi sebuah fokus tersendiri untuk Somethinc. Produk-produk Somethinc dapat memberikan manfaat yang baik bagi kulit karena kandungan bahan-bahan yang tumbuh langsung di alam. Tanpa usaha yang berarti dalam menjaga dan melestarikan alam, bukan tidak mungkin Somethinc akan kehilangan bahan baku berkualitas untuk memproduksi produk yang dicintai konsumennya. Hal ini kemudian dimanifestasikan melalui beberapa proyek sebagai langkah kecil dari Somethinc untuk turut berkontribusi menjaga lingkungan. Salah satunya dengan menyediakan opsi pengembalian kemasan kosong agar dapat didaur ulang untuk mengurangi beban TPA. Somethinc juga menjalankan proyek penanaman bersama LindungiHutan yang memberikan manfaat langsung bagi alam. Upaya-upaya yang telah dilakukan Somethinc untuk alam merupakan sebuah bukti bahwa Somethinc telah berusaha melindungi. Bukan hanya melindungi kulit, tetapi juga melindungi alam milik kita bersama. 


Apabila tertarik untuk mempercantik diri dan bumi, produk-produk Somethinc dapat diakses melalui laman website milik mereka di https://somethinc.com/id. Kalian juga dapat mengenal Somethinc lebih dekat melalui berbagai unggahan di media sosialnya yang dapat dilihat pada akun Instagram @somethincofficial. 



Kolaborasi aksi penanaman oleh Somethinc bersama LindungiHutan dilakukan di Desa Bedono, Demak, Jawa Tengah. Daerah ini dipilih menjadi lokasi penanaman mangrove bukan tanpa alasan. Desa Bedono terletak di Pesisir Utara Jawa Tengah, wilayahnya berbatasan langsung dengan pantai dan laut. Pada awalnya, kehidupan di Desa Bedono berjalan selayaknya masyarakat pada umumnya. Namun, sejak 20 tahun terakhir, desa ini terus menerus terkena dampak abrasi yang tidak main-main.


 Data dari Litbang KKP (2020) menyebutkan bahwa abrasi telah mengakibatkan garis pantai di wilayah Desa Bedono mundur sepanjang 5,1 kilometer dibandingkan dengan garis pantai di tahun 1994. Mundurnya garis pantai ini diikuti pula dengan tenggelamnya beberapa area desa karena banjir rob yang tidak kunjung surut. Bahkan, di tahun 2006 setidaknya ada 206 kepala keluarga (KK) yang dengan berat hati dipindahkan karena rumah-rumah mereka telah ditelan air laut. 


Area yang sudah terlanjur tenggelam mungkin sulit untuk dikembalikan ke kondisi semula. Tetapi ini bukan berarti masyarakat berhenti mencari solusi atas permasalahan abrasi. Daratan yang tersisa masih perlu dilindungi agar tidak bernasib sama seperti yang sudah terjadi. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan memperkuat garis pantai dengan barisan pohon mangrove.


 Keberadaan mangrove di pesisir terbukti mampu mengurangi dampak abrasi pantai dengan signifikan. Akarnya yang kuat dapat memecah ombak agar tidak menerjang daratan dengan kekuatan yang besar. Mangrove juga memiliki peranan besar dalam pembentukan daratan baru karena kemampuannya menahan sedimentasi tanah. Adanya hutan mangrove tidak langsung mengeliminasi seluruh potensi bencana yang mungkin terjadi di Desa Bedono, tetapi ia dapat meminimalisir dampaknya sehingga masyarakat dapat hidup dengan tenang. 


Somethinc melalui kolaborasi bersama LindungiHutan berharap aksi penanaman yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat di Desa Bedono. Kedepannya diharapkan ribuan mangrove yang telah ditanam dapat tumbuh dengan baik dan memiliki andil besar dalam melindungi kehidupan yang ada di sana. Sebagai sebuah brand, kampanye Somethinc tidak hanya berarti bagi diri mereka sendiri, tetapi merupakan sebuah gerakan bersama yang berarti untuk kita semua. 


Penulis: Auni Azizah 

No comments

Powered by Blogger.