Pemkab Muara Enim Resmi di Pimpin Oleh Penjabat Bupati HNU


Muara Enim, Liputansumsel.com--Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru resmi melantik serta mengambil sumpah Sekretaris Daerah (Sekda) Sumsel H Nasrun Umar (HNU) sebagai Penjabat (Pj) Bupati Muara Enim atas nama Presiden Republik Indonesia. Pelantikan berlangsung di Griya Agung Palembang, Selasa petang (11/5/2021). 


Dilantiknya H Nasrun Umar sebagai Pj Bupati Muara Enim menginggat hingga saat ini pimpinan atas di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muara Enim mengalami kekosongan. 


Diketahui, sebelumnya H Nasrun Umar juga sempat ditunjuk oleh H Herman Deru sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati Muara Enim selama beberapa bulan kemarin. 


“Kita menunjuk Pak Nasrun sebagai Pj Bupati karena kepiawaiannya dalam mengelola daerah. Melalui pengalamannya, mudah-mudahan Kabupaten Muara Enim dapat semakin berkembang,” terang Deru. 


Lebih lanjut Deru mengatakan, Muara Enim merupakan Kabupaten yang kaya akan Sumber Daya Alam (SDA). Oleh sebab itu, untuk mengelolanya dibutuhkan sosok figur yang tepat sehingga Muara Enim dapat semakin maju. 


“Kekayaan SDA Muara Enim ini sangat banyak. Ini harus dikelola dengan baik sehingga kekayaan SDA tersebut berbanding lurus dengan kesejahteraan masyarakat,” kata Deru. 


Termasuk pula soal peningkatan pelayanan terhadap masyarakat. Dimana Gubernur Herman Deru meminta HNU agar dapat memberikan pelayanan yang merata untuk seluruh masyarakat di Kabupaten Muara Enim. 


“Kabupaten Muara Enim ini sangat luas dan wilayahnya seperti huruf Y. Untuk itu, Pemkab Muara Enim pasti memiliki cara khusus agar semua kebutuhan masyarakat terlayani secara merata. Artinya, setiap wilayah harus mendapatkan pelayanan yang sama. Begitu juga untuk pendidikannya,” ungkap Deru. 


Deru juga mengajak perangkat daerah di Kabupaten Muara Enim dapat meningkatkan jalinan batin kuat dengan Bupati. Jalinan batin tersebut dinilai dapat melampaui ekspektasi dalam mengatasi persoalan. 


Diketahui, Kabupaten Muara Enim mengalami kekosongan kepala daerah lantaran Bupatinya Juarsah ditangkap KPK karena diduga menerima fee proyek pembangunan jalan. 


Juarsah yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati baru sebulan dilantik menjadi Bupati definitif setelah Bupati sebelumnya Ahmad Yani telah ditahan dalam kasus yang sama. 


Pada waktu yang bersamaan, tidak ada pejabat yang duduk sebagai Sekda sehingga Gubernur Sumsel Herman Deru langsung menunjuk Sekda Sumsel H Nasrun Umar sebagai Plh Bupati Muara Enim," ujarnya. 


Pelantikan ini didasarkan pada Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 131.16-1127 tanggal 6 Mei 2021 tentang Pengangkatan Penjabat Bupati Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Dengan demikian, selama melaksanakan tugas sebagai Pj. Bupati Muara Enim, H Nasrun Umar sementara melepaskan jabatannya sebagai Sekda Provinsi Sumatera Selatan dan akan fokus sebagai kepala daerah di Kabupaten Muara Enim. 


Dijelaskan oleh Gubernur bahwa pengangkatan H Nasrun Umar sebagai Pj Bupati Muara Enim merupakan diskresi atau keputusan yang diambil dan ditetapkan oleh pejabat pemerintahan, dalam hal ini Mendagri sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yaitu Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan. Dalam ketentuannya, Mendagri dapat mengambil keputusan dan tindakan untuk mengatasi permasalahan di Kabupaten Muara Enim sehubungan dengan kondisi kekosongan jabatan kepala daerah dan wakil kepala daerah sehingga menciptakan tertib penyelenggaraan administrasi pemerintahan, memberikan kepastian hukum, mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan menjamin akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah daerah. Dengan demikian, pengangkatan Pj Bupati ini menurut Gubernur akan memberi keleluasaan bagi pejabat yang dilantik untuk mengambil kebijakan dan langkah-langkah strategis dalam mewujudkan cita-cita pembangunan di Bumi Serasan Sekundang," urai Deru. 


Sementara itu Pj Bupati memohon doa dan dukungan semua pihak agar dirinya mampu bekerja dengan baik, menjalankan tugas dan amanah secara profesional demi akselerasi pembangunan maupun kesejahteraan masyarakat," tuturnya. 


Dalam kesempatan ini dilaksanakan pula pengangkatan Hj Renny Devi Nasrun Umar sebagai Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Muara Enim yang ditandai dengan penyematan pin PKK oleh Ketua TP. PKK Provinsi Sumatera Selatan, Ny. Febrita Lustia Herman Deru. 


Kegiatan ini dihadiri langsung oleh anggota Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Sumatera Selatan maupun Kabupaten Muara Enim dan turut disaksikan secara virtual oleh masing-masing perangkat daerah dan camat di Kabupaten Muara Enim. (Tan)

No comments

Powered by Blogger.