Antisipasi Kebakaran,Lapas kelas IIB Sekayu dan Damkar simulasi ini


MUBA-Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sekayu bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Musi Banyuasin (MUBA) menggelar simulasi penanggulangan kebakaran, pada Jum’at (17/09). 


Simulasi yang dilaksanakan di halaman parkir Lapas Sekayu ini dilakukan dengan tujuan agar seluruh Petugas Pemasyarakatan yang ada di Lapas Sekayu dapat memahami cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) dalam rangka antisipasi dari gangguan Keamanan dan Ketertiban (KAMTIB).


Kegiatan simulasi ini diikuti oleh seluruh petugas Lapas Sekayu dan anggota Dharma Wanita Persatuan Lapas Sekayu.


Selain mengumpulkan seluruh petugas untuk mengikuti simulasi, Kepala Lapas Sekayu Jhonny H. Gultom menyampaikan bahwa Lapas Sekayu saat ini telah melakukan peremajaan terhadap instalasi listrik dan menambah daya listrik dari 16.600 VA menjadi 53.000 VA agar stabil saat penggunaan listrik.


Jhonny juga menambahkan, Program simulasi ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Perintah Pimpinan dan bertujuan agar seluruh petugas dapat memahami cara penggunaan Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan juga sebagai bentuk antisipasi dini jika tejadi kebakaran.


“Dalam kegiatan simulasi pada hari ini, seluruh petugas dibekali pengetahuan untuk mengoperasikan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) jika terjadi kebakaran” terang jhonny.


Kepala Bidang Pemadam kebakaran Kabupaten Musi Banyuasin Yusri Ali Amin mengatakan, “tujuan dari kegiatan simulasi ini adalah bagaimana kita mencegah kebakaran, serta petugas yang hadir disini paham dan mengerti apabila menghadapi peristiwa kebakaran, sekaligus memberikan pemahaman tentang antisipasi ketika api muncul agar segera ditangani dengan cepat,” ujarnya.


Setelah memberikan materi secara lisan, petugas Pemadam Kebakaran melakukan simulasi secara langsung kepada Petugas Lapas.


Yusri mengatakan, metode yang digunakan dalam kegiatan simulasi ini yaitu dengan pemadaman cara tradisional dan modern.


dalam sambutannya Kalapas Sekayu Jhonny H. Gultom, mengucapkan terima kasih kepada Pemadam Kebakaran Kabupaten Musi Banyuasin yang sudah berkenan berbagi ilmu kepada kami Petugas Lapas Sekayu dalam pencegahan dan penanggulangan kebakaran.


Selain itu kita semuanya berdoa agar insiden kebakaran di Lapas maupun Rutan di Indonesia tidak terulang kembali.Tutup jhonny.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.