Bank Sumsel Babel Prabumulih Beri Pelatihan Kewirausahaan Bagi ASN Yang Masuki Masa Pansiun


Prabumulih,liputansumsel.com - Bagi sebagian orang, masa Pesiun atau masa Purnabakti identik dengan masa-masanya seseorang untuk merehat dari aktivitas kerja yang melelahkan. 


Namun kenyataannya, masa tersebut dapat menjadi momok yang menakutkan jika sebelumnya para Purnabakti tidak mempunyai perencanaan yang matang dalam memasuki masa tersebut.


Oleh karna itu, Bank Sumsel Babel (BSB) Cabang Kota Prabumulih menggelar acara Sosialisasi Peserta Program Fasilitas Pensiunan ASN 2022 - 2023 dan Kewirausahaan untuk Pensiunan dilingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Prabumulih yang berlangsung di Gedung Kesenian Rumah Dinas Walikota Prabumulih, Rabu (22/12/2021).


Acara yang di ikuti oleh Kurang lebih 200 ASN yang akan memasuki masa pansiun dan dihadiri langsung oleh Walikota Prabumulih ir H Ridho Yahya MM tersebut bertujuan untuk menjadikan seorang pensiunan yang tetap produktif ketika memasuki pensiun agar dapat memberikan penghasilan tambahan.


"Dalam pelatihan ini, kita menghadirkan bapak Zakaria yang merupakan Penerbit buku 40 usaha yang paling cocok bagi Purnabakti. Intinya, pemateri menjelaskan bagi para ASN yang hendak memasuki Purbabakti memiliki usaha dengan modal kecil dengan keuntungan yang lumayan. Namu bisa dilakukan di rumah," terang Pimpinan Cabang BSB Prabumulih Tian Kedaumpu Yamin saat dibincangi awak media.


Selain itu, Tian menjelaskan. Pelatihan ini juga merupakan ajang pemanasan bagi setiap ASN yang menjelang pansiun, agar merintis usahanya dari sekarang.


"Jadi setelah mereka memasuki masa Pansiun nanti sudah tidak kaget lagi menjalankan usahanya. Dan di dalam pelatihan ini kita juga menghadirkan Psikolog untuk mempersiapkan mental mereka dalam menghadapi masa pansiun," kata dia.


Lebih lanjut dirinya menerangkan, setelah peserta mengikuti pelatihan tersebut dan memahami materi tentang Kewirausahaan. Pihak Bank Sumsel Babel siap membantu dalam hal pembiayaan yang di ambil dari Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk mengembangkan usaha yang mereka wacanakan.


"Intinya, kami sudah berdampingan dengan para ASN sebelum mereka Pansiun, dan kamipun ingin terus berdampingan dengan mereka, walaupun mereka sudah di masa Pansiun," tukasnya.

No comments

Powered by Blogger.