Smart Aurica School, Rekomendasi Untuk Anak Istimewa yang Berkebutuhan Khusus


Palembang -, Liputansumsel.com,  Anniversary Smart Aurica School (SAS) digelar di Hotel Max One jalan R. Sukamto Palembang, (12/02/2022). SAS adalah sekolah untuk anak berkebutuhan khusus dengan gangguan pendengaran dan anak yang lambat bicara (speech delay). Dimana SAS sendiri mempunyai 3 cabang yaitu Medan, Batam, Palembang. 


Sementara itu, Gubernur Sumsel melalui Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Dr. Rosidin Hasan, M.Pd.I, mengucapkan selamat Anniversary yang ke-7 dan terimakasih kepada Yayasan SAS yang telah membantu Pemerintah Sumatera Selatan (Sumsel) dengan mendirikan sekolah SAS ini. 


"Kami berharap bahwa ini akan memberikan kontribusi bagi masyarakat Sumsel, khususnya bagi orang tua yang memiliki anak yang berkebutuhan khusus yakni masalah pada pendengaran dan Speech delay, karena sejatinya bahwa mereka adalah amanah Allah," ujarnya. 


Selanjutnya Pemprov Sumsel akan mengkomunikasikanya kembali. "Bagaimana agar yayasan ini untuk diformalkan agar anak- anak yang sudah dididik dan sudah dapat berkomunikasi dengan baik agar dapat melanjutkan sekolah ketingkat SD, SMP, SMA maupun Kuliah," pungkasnya.


Pemilik Yayasan Smart Aurica School (SAS) Seftiana Sari S.ked. M. Psi, mengatakan, Anniversary ini sengaja dipusatkan di palembang sekaligus memperkenalkan SAS. "Dimana para orang tua tidak perlu khawatir lagi agar anaknya yang memiliki kebutuhan khusus dapat menjadi seperti anak- anak normal lainnya kedepannya nanti.


Sari juga menyampaikan bahwa Smart Aurica School (SAS) ini dibuka dengan berawal dari kekhawatiran orang tua yang memiliki anak dengan gangguan pendengaran dan speech delay agar dapat berkomunikasi dengan baik dan dapat mendapatkan pendidikan yang layak. 


"Kebetulan saya juga mempunyai anak yang berkebutuhan khusus sejak lahir, dari usia dua tahun sudah mendapatkan implan koklea. Saat ini anak saya sudah dapat berkomunikasi seperti anak yang lain  kemudian saya sekolah lagi, lalu terketuk hati saya membuka sekolah ini untuk membantu anak lain agar dapat berkomunikasi dengan baik," ujar Sari. 


Sementara itu, lanjut Sari untuk kelas- kelasnya dikelompokkan berdasarkan level dari fungsi pendengarannya, yang dimulai dari usia 2 tahun. 


"Dari kelas nada yaitu kelas dasar, tingkat selanjutnya kelas melody, dan ada kelas irama, dan tingkat selanjutnya kelas harmony yang diperuntukan untuk anak 14 tahun keatas, tapi kita tidak menerima anak anak yang tergolong sudah dewasa," kata Sari. 


Sari juga mengimbau untuk setiap orang tua yang memiliki anak yang berkebutuhan khusus agar jangan pernah malu dan minder  mempunyai anak yang spesial. 


"Kita ditunjuk oleh Allah karena memang kita juga spesial, selalu semangat untuk tetap konsisten dan disiplin mengajarkan anak berbahasa, jangan sampai anak itu diajarkan oleh gadget melainkan diajarkan oleh orang tua," jelas Sari.


Sari mengutarakan bahwa SAS memiliki berbagai Terapi. "Diantaranya Auditory Verbal Therapy (AVT), AVT adalah terapi untuk gangguan pendengaran yang mengembangkan kemampuan berkomunikasi anak dan mengolah bahasa melalui pengunaan alat bantu dengar Implan Koklea dan FM Sistem dengan menerapkan strategi dan teknik auditori verbal bersama orang tua yang bertujuan membimbing orang tua dalam mengembangkan kemampuan bicara anak," ungkap Sari. 


Kemudian Terapi perilaku (ABA). Terapi ini merupakan proses pengubahan Kognifitif. "Terapi ini menangani masalah perilaku yang Maladaptif. Terapi ini berusaha untuk mengidentifikasi dan membantu mengubah perilaku yang berpotensi menggangu diri sendiri dan menggangu orang lain," jelas Sari.


"Hanya itu yang saya imbau dari para orang tua agar selalu semangat untuk mengajarkan anaknya, lelah boleh tapi menyerah jangan, tidak ada usaha yang mengkhianati hasil," harapnya.


Ditambahkan Kepala Sekolah Smart Aurica School Palembang Bebi Arini Sp.d, memberikan informasi dan arahan kepada orang tua murid dalam hal pengulangan kata guna mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari. 


"Tamat dari Smart Aurica School bisa melanjutkan sekolah umum, untuk informasi dan konsultasi cabang Palembang beralamat di jalan Lebak Rejo Palembang Kecamatan Kemuning," pungkasnya.(Ar)

No comments

Powered by Blogger.