Herman Deru Ajak Warga Bersyukur Bisa Shalat Ied dengan Kelonggaran


PALEMBANG, Liputansumsel.com, - Tampak begitu luar biasa terlihat masyarakat Kota Palembang berbondong-bondong memadati ruangan dan halaman Masjid Agung SMB I Jayo Wikromo Palembang untuk melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 Hijriah, Senin (2/5) pagi. Termasuk  Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama keluarga.


Dalam sambutannya sebelum digelarnya sholat IED  Gubernur Herman Deru  menegaskan, suasana sholat ied  berjemaah   tentu sangat dirindukan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di Indonesia khususnya di Sumsel setelah  dua tahun sebelumnya dilakukan dengan sangat terbatas akibat pandemi covid-19. 


"Alhamdulillah sepanjang perjalanan saya dari kediaman menuju ke masjid nampak keceriaan masyarakat dimana dua tahun belakangan kita tidak menyelenggarakan sholat ied akibat pandemi, tapi tahun ini kita tampak ada pemulihan baik kesehatan, silaturahmi dan ekonomi. Semoga ini tanda kebangkitan bagi kita," katanya.


Di lebaran ini juga, lanjut Bapak Pembangunan Sumsel  masyarakat sudah bisa pulang ke kampung halaman sehingga mereka bisa bersilaturahmi dengan keluarga. 


"Suasana seperti ini sangat patut kita syukuri karena hal ini tidak lepas dari peran masyarakat itu sendiri yang telah melaksanakan vaksin dan prokes yang ketat," ungkapnya.



Pada kesempatan ini Gubernur Herman Deru juga berpesan kepada seluruh masyarakat Sumsel untuk menjalin silaturahmi kepada keluarga , kerabat dan tetangga, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan.



Tak hanya itu, lanjut Herman Deru pada 1 syawal 1443 H dimana seluruh umat muslim di Indonesia melaksanakan sholat ied secara serentak hal ini satu pertanda bentuk kebersamaan dan kesatuan untuk tetap selalu memelihara ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyyah.


"Selamat idul fitri 1443 H untuk masyarakat Sumsel, mohon maaf lahir batin," tutup Herman Deru.


Sementara itu, Walikota  Palembang H Harnojoyo dalam sambutannya juga mengucapkan selamat kepada masyarakat kota Palembang yang sudah merasakan hari kemenangan dalam melawan hawa nafsu dan lainnya dimana hari ini seluruh umat Islam mengumandangkan takbir.


"Di momentum ini saya menghimbau masyarakat untuk tetap prokes. Dan kita berdoa agar pandemi covid-19 berakhir dan kita bisa kembali melaksanakan aktivitas kita biasanya," pungkasnya.


Bertindak sebagai iman sholat ied ust. H.A Tarmizih Muhaimim, Al-Hafidz, Sementara khotib Habib Muhammad Bin Taufiq Syahab  dalam khotibahnya mengingatkan kembali umat muslim untuk tetap taat pasa perintah Allah, beramal sholeh dan senantiasa mengikuti syariat Nabi Muhammad SAW.


Turut hadir Ketua TP PKK Sumsel, Hj Febrita Lustia HD, Walikota Palembang, H Harnojoyo, Tokoh Masyarakat Kms H Abdul Hali Ali atau H Halim dan para kepala OPD Sumsel.

No comments

Powered by Blogger.