KEMENKOMINFO BERSAMA SIBERKREASI MENYELENGGARAKAN WEBINAR LITERASI DIGITAL

  “ TIPS DUNIA DIGITAL: MENDONGKRAK PENJUALAN MENGGUNAKAN ADS” 


UNYUK KELOMPOK MASYARAKAT / KOMUNITAS KOMUNITAS DI  WILAYAH SUMATRA DAN SEKITARNYA 

MUARA ENIM, liputansumsel.com--22 Juli 2022 - Saat ini kita tengah memasuki era transformasi digital yang perlu didorong oleh talenta digital handal dan mumpuni. Perpaduan antara technical dan soft skills akan melahirkan kecakapan yang paling dibutuhkan di era revolusi industri 4.0 saat ini. Perpaduan tersebut meliputi technical skills yang dikenal dengan The ABC, yaitu Artificial Intelligence, Big Data, dan Cloud Computing; dan dipadu dengan soft skills yang meliputi 4Cs, yaitu Critical Thinking, Creativity, Collaboration, serta Communication.

“Peluang kecakapan digital tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, mengingat kita memiliki potensi sumber daya manusia yang besar. Survey APJI pada tahun 2022 beberapa waktu yang lalu menunjukkan lebih dari 210 juta penduduk Indonesia, atau 77,02% dari seluruh populasi telah menjadi pengguna internet di Indonesia. Oleh karena itu, penyiapan sumber daya manusia bidang digital yang handal, yang produktif, dan yang berdaya saing menjadi kunci utama bagi terlaksananya transformasi digital nasional”, papar Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dalam sambutan pembukaan program Indonesia Makin Cakap Digital 2022. 

Hingga tahun 2021 lalu, program literasi digital ini telah berhasil menjangkau lebih dari 12,6 juta masyarakat di 515 kabupaten/kota pada 34 provinsi di seluruh Indonesia. Peningkatan literasi digital masyarakat adalah pekerjaan besar. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi yang baik agar tidak ada masyarakat yang tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital ini. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi telah melakukan literasi digital kepada lebih dari 14,6 juta orang. Dalam perjalanannya Program #MakinCakapDigital sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2021 yang lalu, berfokus pada peningkatan wawasan dan kecakapan digital masyarakat Indonesia yang diukur berdasarkan 4 (empat) pilar digital, yaitu Kecakapan Digital, Etika Digital, Keamanan Digital, dan Budaya Digital. 

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo) mengemban mandat dari Presiden Joko Widodo sebagai garda terdepan memimpin upaya transformasi digital bangsa Indonesia. Dalam mencapai visi dan misi tersebut, Kemenkominfo memegang peran sebagai regulator, fasilitator, dan akselerator di bidang digital di Indonesia. Dalam rangka menjalankan salah satu mandat tersebut terkait pengembangan SDM digital, Kemenkominfo bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi serta mitra dan jejaringnya, hadir untuk memberikan pelatihan literasi digital yang menjadi kemampuan digital di tingkat dasar bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Berbagai pelatihan literasi digital yang diberikan berbasis 4 (empat) pilar, yaitu Kecakapan Digital, Budaya Digital, Etika Digital, dan Keamanan Digital. 

Berangkat dari visi tersebut, Kemenkominfo berkolaborasi dengan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi kembali hadir di wilayah Sumatra untuk meningkatkan literasi digital bagi masyarakat melalui program “Indonesia Makin Cakap Digital 2022”. Program ini bertujuan untuk membangun wawasan dan pengetahuan terkait literasi digital dalam bentuk webinar (seminar dan diskusi secara online), talkshow dalam format hybrid (offline dan online), serta special event penunjang kegiatan literasi digital dengan target penduduk di wilayah Sumatra, khususnya di segmen kelompok masyarakat atau komunitas.

Kegiatan webinar ke - 13 akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 pada pukul 10.00 - 12.00 WIB dengan tema “TIPS DUNIA DIGITAL: MENDONGKRAK PENJUALAN MENGGUNAKAN ADS”. Webinar ini menghadirkan Yosi Mokalu, Ketua Umum Siberkreasi; Pradipta Nugrahanto, CEO & Co-Founder Paberik Soeara Rakjat; dan Bayu Sutjiatmo, Ketua Program Studi Perdagangan Internasional Politeknik Negeri APP Jakarta & Praktisi Digital; sebagai narasumber. Kegiatan webinar akan disiarkan secara langsung menggunakan platform Zoom Meeting. Anggota kelompok masyarakat atau komunitas yang ingin mengikuti webinar tersebut dapat mendaftarkan diri dengan mengisi formulir elektronik melalui link: https://event.literasidigital.id/daftar/21957

E-sertifikat dan beragam hadiah menarik sudah disiapkan untuk para peserta webinar. Informasi lebih lanjut mengenai program #MakinCakapDigital dapat diakses melalui Media Literasi Digital Kominfo di website: info.literasidigital.id atau event.literasidigital.id; Instagram: @literasidigitalkominfo; dan Facebook Page: Literasi Digital Kominfo. Informasi program juga dapat diakses melalui media sosial Siberkreasi di Instagram: @siberkreasi, Facebook Page: Siberkreasi, Twitter: @SiBerkreasi, TikTok: @siberkreasi.id, dan Youtube: Siberkreasi.

No comments

Powered by Blogger.