Inilah Rincian Biaya dan Cara Kirim Uang ke Australia

Sumber gambar:
https://unsplash.com/photos/EMPZ7yRZoGw?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Australia salah satu negara yang cukup sering dikunjungi oleh warga Indonesia. Tidak hanya berkunjung untuk wisata saja, beberapa orang Indonesia ada yang menetap di Australia. Alasannya beragam, biasanya untuk keperluan sekolah atau pekerjaan.

Berdasarkan alasan tadi maka tidak heran jika banyak orang Indonesia yang kirim uang ke australia untuk keluarganya. Namun, untuk mentransfer sejumlah uang ke luar negeri punya birokrasi yang sedikit berbeda dengan transfer uang biasa.

Perbedaan yang paling mendasar adalah soal biaya. Kirim uang ke Australia dan negara lain pasti dikenakan biaya, entah itu biaya administrasi, provisi, atau biaya full amount, dan biaya lainnya. Apabila Anda masih bingung dengan semua itu, tenang saja karena di sini kami akan memparkannya secara detail dalam artikel berikut ini.

Rincian Biaya Kirim Uang ke Australia

Sumber gambar:   https://unsplash.com/photos/EMPZ7yRZoGw?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditShareLink

Mengirim uang ke luar negeri bisa dilakukan dengan berbagai cara, bisa melalui Bank atau pakai aplikasi. Untuk yang memilih Bank, Anda perlu mengetahui beberapa rincian biayanya sebagai berikut:

Biaya telex, biasanya biaya ini lebih dikenal sebagai biaya admin. Setiap Bank punya kebijakan yang berbeda untuk biaya ini, namun biasanya mereka mematok di kisaran angka Rp35.000 hingga Rp50.000.

Biaya full amount, kalau biaya satu ini adalah jenis pengiriman uang dengan dana yang diterima penuh tanpa potongan. Umumnya, biaya untuk full amount ada di kisaran $20 - $30 USD.

Biaya non-full amount, kebalikannya dari full amount dalam jenis biaya ini biasanya ada potongan dari dana yang dikirim. Sedangkan untuk kisaran biayanya ada di angka $5 - $25 USD untuk Bank BRI.

Biaya provisi, sebenarnya ini juga termasuk biaya administrasi dan yang menerapkan biaya provisi salah satunya adalah Bank Mandiri dengan potongan 0,125% dengan jumlah nominal pengiriman uang minimal $5 USD dan maksimal $150 USD.

Biaya SWIFT, biasanya Bank menggunakan Kode SWIFT untuk bertransaksi, oleh karenanya ada biaya yang dikenakan dalam penggunaan SWIFT. Umumnya, mereka menetapkan harga di angka Rp35.000 (dalam rupiah) atau $5 - $50 USD (dalam mata uang asing).

Tadi adalah biaya untuk pengiriman uang ke luar negeri via Bank. Apabila Anda menggunakan Flip, maka biaya kirim uang ke Australia dikenakan Rp65.000, dan uang dikirim di hari yang sama dengan batas waktu transfer pukul 12.00 WIB.

Cara Kirim Uang ke Australia

Setelah mengetahui perkiraan rincian biaya untuk kirim uang ke Australia, kini saatnya mengetahui cara mengirim uang ke Australia. Ada dua cara yang bisa dilakukan, cara yang pertama adalah dengan mengunjungi Bank.

Namun, jika Anda memiliki waktu yang terbatas dan ingin mengirim uang ke luar negeri dengan cara yang lebih efektif, bisa coba pakai aplikasi Flip. Mari ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Masuk ke aplikasi, dan klik Flip Globe

Lalu, pilih negara tujuan dan jangan lupa masukkan data penerima serta Bank penerima.

Jika data sudah lengkap, Flip akan langsung menunjukkan rincian biaya yang harus dibayar. Cek dulu rinciannya, setelah itu bisa lanjutkan dengan pembayaran dengan metode yang Anda inginkan.

Selesai, tunggu proses pengirimannya dan pantau lewat aplikasi.

Selain lebih mudah untuk mengirim uang ke luar negeri, Flip juga sudah dijamin aman. Pasalnya, Flip sudah memiliki izin lisensi dari Bank Indonesia dengan nomor 18/196/DKSP/68 sejak tahun 2016 pada tanggal 4 Oktober. 

Selain dijamin aman, mereka juga memiliki harga kurs yang bersaing sehingga bisa mendapatkan kurs dengan harga yang lebih murah. Lebih asyiknya lagi, Anda bisa melakukan transaksi hanya dengan satu aplikasi saja. Lebih simple kan? Yuk, pakai Flip sekarang!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.