Dinas Tenaga Kerja Kota Prabumulih Dukung BPJS Kesehatan


Prabumulih,liputansumsel.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Prabumulih berupaya mengoptimalkan Penyelenggaraan Program Jaminana Kesehatan Nasional (JKN) dari sektor badan usaha di Kota Prabumulih, agar seluruh pekerja terdaftar dalam Program (JKN).


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Prabumulih Dwi Asmariyati, mengatakan selama ini pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Prabumulih dan kegiatan ini merupakan perpanjangan atas Kerjasama sebelumnya yang sudah habis masa berlakunya.


“Dalam penyelenggaraan Program JKN ini tentu butuh dukungan dari berbagai pihak. Sebegai Program Strategis Nasional kami juga bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja, hal ini bertujuan untuk melindungi Peserta sebagai pekerja di badan usaha beserta keluarganya dan juga untuk mengingatkan pemberi kerja bahwa setiap pemberi kerja itu memiliki kewajiban untuk mendaftarkan pekerja dan anggota keluarganya ke dalam Program JKN,” kata Dwi (12/5).



Dwi menjelaskan selama ini implementasi kerjasama itu berjalan dengan baik, mulai dari edukasi, pengawasan, hingga pemeriksaan lapangan terhadap badan usaha yang tidak patuh.



Pada periode 2022 Desember hingga April 2023 , BPJS Kesehatan telah melakukan pemeriksaan Badan Usaha sebanyak 290 Badan Usaha, diantaranya 37 Badan Usaha Patuh, 33 dalam proses pemeriksaan, dan 220 Badan Usaha dilakukan telemarketing/canvassing.


“Terdapat 40 Badan Usaha yang masih dalam status menunggak hingga saat ini dan itu akan kita proses lebih lanjut,” kata Dwi.


Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Prabumulih, Sanjay Yunus mengatakan kerjasama ini merupakan kepastian hukum untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan pemberi kerja agar para pekerja dapat perlindungan kesehatan.


“Pengelolaan sistem informasi data badan usaha antara Dinas Tenaga Kerja dengan BPJS Kesehatan diharapkan meningkatkan kesadaran bagi para pemberi kerja dan para pekerja terkait Program JKN ini dan juga kami siap mendukung implementasi Program JKN baik dari sisi sosialisasinya, pertukaran data dan juga pemeriksaan Badan Usaha,” katanya.


Ia juga berencana akan melakukan audiensi kepada perusahaan-perusahaan di Kota Prabumulih dan akan mengajak turut serta dari BPJS Kesehatan juga dalam memberikan pemahaman Program JKN secara langsung kepada Human Resource Development (HRD) Perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.