Masjid Muhammadiyah Kampoeng Kauman Baturaja Timur Gelar Sholat Idul Adha 1444 H Rabu Pagi


Baturaja,liputansumsel.com - Masjid Muhammadiyah Kampoeng Kauman Baturaja Timur menggelar sholat Idul Adha 1444 H di halaman masjid tersebut pada Rabu pagi (28/6/23).


Melalui pantauan di lapangan, ratusan jamaah Muhammadiyah yang datang dari dalam maupun luar Baturaja berduyun-duyun memadati halaman masjid Muhammadiyah Kampoeng Kauman untuk melaksanakan sholat Idul Adha. 


Pada sholat Idul Adha ini, Ustad Nur Ilmi, S. Sos bertugas sebagai Imam dan Ustad H. Abdul Karim, S.Pd.I sebagai khotibnya.


Dalam kata sambutannya sebelum sholat Idul Adha, Pimpinan Muhammadiyah Cabang Kampoeng Kauman Baturaja Timur Ahmad Hambali mengatakan sesuai Surat Edaran dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang berdasarkan pada hasil Ijtihad dari Majelis Tarjih Muhammadiyah Pusat maka Idul Adha jatuh pada hari Rabu, 28 Juni 2023 atau 10 Zulhijjah 1444 H.

"Adapun untuk penyembelihan dan pemotongan hewan qurban akan dilaksanakan pada hari Kamis besok tanggal 29 Juni 2023 atau Hari Tasyrik pertama. Selanjutnya bahwa peserta qurban sebanyak 49 orang yaitu berupa 7 ekor sapi dan 2 orang berupa 2 ekor kambing. Oleh panitia sudah didistribusikan berupa kupon-kupon untuk diambil oleh ahli qurban dan mustahiq yang berhak menerimanya. Insyaa Allah kedepannya yang berqurban lebih banyak lagi," ucapnya.


Dalam khotbah Idul Adha yang berjudul 

"Cara beribadah nabi Ibrahim", Ustad Abdul Karim mengatakan Nabi Ibrahim merupakan satu dari 5 Ulul Azmi, yaitu Nabi dan Rasul yang memiliki keunggulan budi dan sifat utama. "Sesungguhnya sifat sabar dan pemaaf adalah bagian dari sifat Ulul Azmi, yang mungkin sulit dicapai bagi kebanyakan orang. 

Seperti Rasulullah yang memiliki sifat Uswatun Hasanah, dalam Al-Qur'an sifat ini juga ada pada nabi Ibrahim. Menjadi Sabar dan pemaaf bukanlah perkara mudah. 

Kita harus punya ketangguhan mental. Sifat berikutnya yang dimiliki nabi Ibrahim yaitu tidak pernah syirik, termasuk juga istri dan anaknya. Nabi Ibrahim selalu sangat syukur kepada Allah SWT. Nabi Ibrahim juga selalu meminta petunjuk kepada Allah SWT untuk tetap di jalan yang Sirotul Mustaqim. Kemudian sifat Istiqomah, dan itu berat. Ini merupakan sifat utama nabi Ibrahim.

Ikutilah tata cara hidup beragama nabi Ibrahim selalu lurus dan tidak pernah berbuat syirik," ujarnya.


(Duan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.