OKU Bersiap Jadi Tuan Rumah Festival Dan Karnaval Budaya Pelajar SMK Se-Sumsel 2023


Baturaja,liputansumsel.com - Kabupaten OKU sedang bersiap diri menjadi tuan rumah Festival dan Karnaval Budaya Pelajar SMK Se-Sumsel 2023 yang akan dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Sumsel pada tanggal 23-25 Juni nanti di Taman Kota (Tamkot) Baturaja. 


Festival dan Karnaval Budaya ini mengusung tema "Melalui Festival Budaya 2023, Kita Kembangkan Karakter Pelajar Budaya Kreatif dan Inovatif Menuju Sumsel Maju Untuk Semua. Sebimbing Sekundang Serasan Seandanan Menuju Sumsel Maju Untuk Semua". 


Melalui pantauan media ini di lapangan, beberapa banner Perhelatan Akbar Pelajar SMK se-Sumsel ini sudah terpasang di beberapa sudut persimpangan jalan di kota Baturaja, termasuk juga di Tamkot Baturaja.  


Ditemui sesaat sebelum rapat koordinasi perwakilan SMK baik negeri maupun swasta se-kabupaten OKU pada Selasa pagi (20/6/23), Kadefi, ST selaku Koordinator Festival dan Karnaval Budaya Pelajar SMK Se-Sumsel 2023 untuk Kabupaten OKU mengatakan bagian kepanitiaan di Kabupaten OKU sudah siap menerima tamu-tamu dari kabupaten/kota lain yang ada di Sumsel. 

"Adapun untuk hotel atau homestay berdasarkan pilihan masing-masing Pimpinan kontingen dari Kabupaten/Kota itu sendiri dimana mereka akan menginap. Kami sifatnya hanya mengarahkan saja. Selain itu, seluruh SMK negeri dan swasta yang ada di Kabupaten OKU dilibatkan untuk ikut menyemarakkan kegiatan Festival dan Karnaval Budaya Pelajar SMK ini," ujar guru SMK Negeri 3 OKU ini.


Selanjutnya dikatakan Kadefi, akan ada lebih kurang 18 utusan dari 17 Kabupaten/Kota yang ada di Sumsel, sementara kota Palembang mengirimkan 2 utusan. Dimana mereka semua akan mengikuti perlombaan Tari Kreasi, Band Pelajar, Jingle, Busana Daerah Sumsel dan Fashion Karnaval yang memperebutkan piala untuk juara 1, 2 dan 3 serta Favorit, ditambah hadiah doorprize salah satunya berupa sepeda gunung yang sudah tiba sebanyak 2 buah di SMK Negeri 2 OKU. 

"Detailnya peserta, untuk sementara kami belum menerima. Karena pendaftaran dan registrasi baru dilaksanakan pada hari Kamis nanti tanggal 23 Juni. Kemudian kegiatan Festival dan Karnaval Budaya Pelajar SMK ini akan dibuka Insyaa Allah oleh Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah pada hari Jum'at tanggal 23 Juni 2023 di Tamkot Baturaja. Lalu pada hari Sabtunya dilanjutkan dengan perlombaan Jingle, band, modifikasi pakaian adat dan tari kreasi yang dimulai dari pukul 07.00 pagi hingga selesai. Di dalam kegiatan yang berpusat di Tamkot ini juga akan ada bursa kerja atau job fair dan stand pameran hasil kreatifitas anak-anak SMK serta stand dari instansi yang ada di Kabupaten OKU," lanjutnya.


Kadefi mengungkapkan kegiatan tersebut merupakan Festival dan Karnaval Budaya yang ketiga di Sumsel. "Pertama di Martapura, OKU Timur. Kedua di Kayu Agung, OKI dan Ketiga ini di Baturaja, OKU," ungkapnya singkat.


Ditambahkan Kadefi, pada Minggu paginya akan dilaksanakan pawai karnaval keliling kota Baturaja yang mengambil start dan finish di Tamkot. 

"Acara penutupan pada hari Minggu tanggal 25 Juni nanti akan dihadiri langsung oleh Gubernur Sumsel H. Herman Deru," imbuhnya. 


Kadefi mengajak masyarakat OKU agar ikut meramaikan serta menyemarakkan kegiatan Festival dan Karnaval Budaya Pelajar SMK se-Sumsel tersebut. 

"Selain itu memberikan kesempatan bagi para lulusan SMK yang ada di OKU untuk memanfaatkan bursa kerja atau job fair yang ada dalam kegiatan ini sekaligus juga masyarakat OKU bisa melihat hasil-hasil karya dan kreativitas pelajar SMK yang ada di Sumsel," pungkasnya.


(Duan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.