Dihadapan Ribuan Siswa, Plt Bupati Tekankan 5 Hal Penting Dalam Etika Digital


Muara Enim, Liputansumsel.com-'Plt. Bupati Muara Enim, Ahmad Usmarwi Kaffah, S.H., LL.M (Bham)., LL.M (Abdn)., Ph.D., Senin pagi (17/07/2023) menghadiri Webinar Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI di Gedung Serba Guna (GSG) Tanah Putih Bukit Asam Tanjung Enim. Pada webinar yang diikuti oleh partisipan baik secara daring maupun luring sebanyak 20 ribu peserta berasal dari siswa tingkat SD, SMP dan SMA ini mengangkat tema "Internalisasi Nilai Pancasila di Ruang Digital".


Dalam acara yang turut dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Amrullah Jamaluddin, S.E., dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. Muara Enim, Ardian Arifanardi, AP., M.Si., tersebut, Plt. Bupati yang juga selaku narasumber pada webinar ini menerangkan 5 point penting dalam etika digital. Pertama menyadari bahwa kita berinteraksi dengan sesama manusia, bukan dengan benda mati; kedua menjunjung tinggi nilai toleransi; ketiga menghormati privasi orang lain; keempat mengkroscek kebenaran informasi; dan kelima mengunakan bahasa dan tulisan yang jelas agar tidak terjadi kesalahpahaman.


Melalui kegiatan ini pula dirinya berharap semoga para siswa dapat betul-betul menanamkan nilai-nilai Pancasila pada diri untuk diresapi dan terapkan dalam kehidupan sehari-hari, termasuk etika (tatalaku/adab) dalam berinteraksi di ruang digital. Sementara itu selaku Regional Leader Literasi Digital Kemenkominfo RI tahun 2023 wilayah Provinsi Jambi dan Sumatera Selatan (Sumsel), Isabella, S.I.P., M.Si., mengharapkan pelaksanaan literasi digital tahun ini semakin merata di masyarakat serta meningkatkan literasi digital kepada 50 juta masyarakat Indonesia pada 2024 untuk menuju Indonesia makin cakap digital.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.