Kecamatan Kalidoni Luncurkan Aplikasi Sigani Permudah Layanan Informasi


Palembang,  Liputansumsel.com - Untuk memudahkan Layanan kepada Masyarakat secara online, Camat Kalidoni M. Rama Cahya Putra, kenalkan aplikasi Sigani (Sistem informasi warga Kalidoni).


Rama Cahya Putra didampingi Sekretaris Camat Kalidoni Vera Kusariani,SSTP.MM 

mengungkapkan, aplikasi ini digagas

Dalam rangka untuk memberikan layanan informasi yang cepat kepada masyarakat Kalidoni yang berbasis teknologi. 



“Kita sudah memiliki sebuah aplikasi yang dapat dimanfaatkan sebagai sarana informasi bagi warga. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur andalan seperti, Lapak Gani, Berita Gani, Keluhan Gani dan Tombol Darurat (Panic Button)”, ujarnya saat diwawancarai di Kantor Camat Kalidoni, Kamis (24/08/2023)


Lanjut Rama, melalui Aplikasi Sigani mereka bisa mengupload kejadian atau keluhan disertai informasi apa yang ingin dilakukan, Itu akan kami tindak lanjut ke instansi terkait”,. 


Selain itu ada juga lapak Gani, fitur ini bertujuan untuk masyarakat yang memiliki UMKM khususnya di kecamatan Kalidoni. fitur yang terakhir yaitu tombol darurat (panic button) yang bisa dipakai untuk keadaan darurat, tutupnya. 


Vera Kusariyani Selaku Sekretaris Camat (Sekcam) Kalidoni Kota Palembang menambahkan, sampai saat ini aplikasi Sigani banyak menampung  keluhan yang biasa terjadi di masyarakat. 


"Untuk pengaduan dari masyarakat itu, seperti lampu jalan yang mati dan jalan rusak, apabila sudah masuk laporannya akan kami tindak lanjuti ke Dinas terkait, untuk diberikan solusi," ujarnya. 


Lanjut Vera, di dalam Aplikasi Sigani terdapat berbagi fitur yang bisa dimanfaatkan, selain untuk berita, pelayanan, dan keluhan apabila ada usaha itu bisa dengan Lapak Sigani.


"Lapak Sigani ini masyarakat bisa berjualan dengan memasukkan jenis usaha yang ada, bentuknya seperti Market Place, ". 


Vera menambahkan, Untuk antusias warga terhadap aplikasi ini, harus lebih di sosialisasikan secara masif, dari mulai tingkat kecamatan, kelurahan, maupun RT. 


"Untuk mempermudah layanan, terutama pelayanan di Kecamatan Kalidoni Palembang, disarankan untuk memakai Aplikasi Sigani untuk Menyampaikan saran pendapat, maupun Keluhan, supaya yang rumahnya Jauh bisa melakukan pelaporan lewat aplikasi," Tutupnya. (Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.