Masjid Nurul Iman Kelurahan Pasar Baru Gelar Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H



Baturaja - Masjid Nurul Iman Kelurahan Pasar Baru mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H pada Sabtu malam (7/10/23).

Acara Maulid yang bertemakan "Dengan Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, mari kita

tingkatkan iman dan takwa kepada Allah SWT dan kita laksanakan Sunnah Rasulullah SAW" ini dihadiri Kasi Trantib Kecamatan Baturaja Timur, Lurah beserta Bhabinkamtibmas, Babinsa Kelurahan Pasar Baru, Toga, Tomas, Majelis Ta'lim, Ketua RT dan RW, Pengurus dan Jamaah Masjid Nurul Iman Kelurahan Pasar Baru.


Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur'an oleh Ustad Sofiani Ahmad dan 

Sari tilawah dibacakan Dra. Suryani. Para jamaah yang hadir juga dihibur dengan lantunan Sholawat Nabi dari

Grup Qosidah Gang Durian Baturaja.


Dalam kata sambutannya, Pj. Ketua Pengurus Masjid Nurul Iman H. Alikhan Ibrahim, S.IP menyampaikan rasa syukur kepada Allah SWT sehingga bisa hadir dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H di masjid Nurul Iman Kelurahan Pasar Baru. 


Lebih lanjut ia mengatakan peringatan tersebut sebagai bentuk wujud kecintaan kepada Baginda Rasulullah SAW meskipun dilakukan acara secara sederhana pada malam itu.  

"Acara ini bisa terlaksana berkat kerjasama dan gotong royong dari pengurus masjid, majelis ta'lim, Ketua RT dan RW baik berupa tenaga pikiran dan dana. Mudah-mudahan bermanfaat dan dicatat sebagai amal ibadah bagi kita semua. Mudah-mudahan juga kita kelak mendapatkan syafaat dari Nabi Muhammad SAW," ujarnya.


Ditambahkan H. Alikhan, Rasulullah SAW diutus Allah SWT ke muka bumi ini untuk membawa risalah memperbaiki akhlak manusia keluar dari masa Jahiliyah. 

"Jahiliyah sekarang tidak jauh beda dari zaman dulu. Cuma beda jenis dan bentuknya. Mudah-mudahan di Kelurahan Pasar Baru ini bersih dari tempat-tempat maksiat dan penyakit masyarakat, termasuk budaya yang merusak akidah sehingga budaya Islam itu tergerus dan terkiki. Masih banyak perbaikan yang harus kita restorasi. Selanjutnya, untuk menjadi umat nabi maka kita harus jadikan Nabi sebagai contoh bagi kita sendiri. Catat khusus bagi Allah SWT menjadi pahala. Semoga menjadi hikmah dan bekal bagi kita semua ketika keluar dari sini. Mengambil Nabi sebagai contoh Uswatun Hasanah dan menjalankan Sunnahnya. Terima kasih atas kehadirannya. Mudah-mudahan kehadiran kita menjadi barokah dan ridho dari Allah SWT," imbuhnya.


Usai kata sambutan dari Perwakilan Camat Baturaja Timur yang disampaikan Kasi Trantib 

Zainal Arifin, S.IP, acara dilanjutkan dengan ceramah Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H yang disampaikan 

Ustad Adi Abdullah, M.Pd.I asal Bekasi.


Dalam ceramahnya, Ustad Adi mengajak

pada Rabiul Awal atau bulan Maulid Nabi untuk banyak bersholawat dan belajar menghidupkan sunnah nabi. Kehidupan kalau ingin jaya dan berkah maka harus sesuai dengan perintah dari Allah SWT.

"Apa yang diperintahkan nabi kita kerjakan, sebaliknya apa yang dilarang nabi, kita tinggalkan.

Kalau ingin selamat, lakukan apa yang diperintahkan nabi, jauhi yang dilarang nabi.

Sudahkah perjalanan hidup kita mengikuti nabi. Kalau kita sudah mengikuti tuntunan dari nabi, urusan dunia dan akhirat selesai. Hidup tidak berkah karena sudah meninggalkan sunnah nabi.

Keberkahan hidup dalam rumah apabila kita mau menghidupkan sunnah nabi, termasuk juga di kampung-kampung, mari kita hidupkan ta'alim di rumah dan masjid. Kukuhkan persaudaraan kita dengan membuat majelis ta'lim," ujarnya.


Dikatakan Ustad Adi lebih lanjut, nasehat nabi untuk akhir zaman ini yakni jaga tiga perkara. 

"Pertama, jaga majelis ilmu. Kedua, jaga para alim ulama. Dan ketiga, jaga kemakmuran masjid sebagai bekal kita menghadapi huru-hara akhir zaman.

Jangan pernah berhenti berbuat kebaikan yang telah diajarkan Nabi, mari kita kokohkan aqidah kita. Buatlah amalan-amalan di dalam rumah. Kata nabi ku tinggalkan dua perkara, Kitabullah dan Sunnah nabi. Mudah-mudahan kita semua dikenal nabi jadi umat nabi, berjumpa nabi, dikumpulkan bersama nabi. Dicintai nabi dan menghidupkan sunnah nabi," harapnya.


Acara ditutu

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.