Menyandang Predikat Desa Anti Korupsi, Desa Muara Gula Baru Ditetapkan oleh KPK


Muara Enim, Liputansumsel.com--Kabar membanggakan datang dari Bumi Etam Provinsi Kalimantan Timur. Dalam Peluncuran Desa Anti Korupsi Tahun 2023 di Desa Tengin Baru Kecamatan Sepaku Kabupaten Penajam Paser Utara, Selasa pagi (28/11/2023). Desa Muara Gula Baru Kecamatan Ujan Mas Kabupaten Muara Enim akhirnya berhasil menyandang predikat desa percontohan Desa Anti Korupsi Tingkat Nasional Tahun 2023 oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI. Disaksikan Pj Bupati Muara Enim Dr. H. Ahmad Rizali, M.A dan Pj Ketua TP PKK Kabupaten Muara Enim Dr. dr. Rose Mafiana Rizali, Sp. An.


Piala dan sertifikat penghargaan diterima langsung oleh Kepala Desa Muara Gula Baru Suluhuddin S.I.P dari Direktur Pembinaan Peran Serta Masyarakat (PPM) KPK yaitu Kumbul Kusdwijanto Sudjadi.


Pj Bupati didamping, Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Drs Rachmad Noviar dan Kepala DInas Perikanan Muflih S.STP., M.H menyampaikan rasa syukur dan bangga atas terpilihnya Desa Muara Gula Baru sebagai Desa Antikorupsi Tingkat Nasional, apalagi menurutnya ini merupakan satu-satunya dan pertama di Provinsi Sumatera Selatan.


Dirinya menjelaskan bahwa terpilihnya Desa Muara Gula Baru ini setelah melewati beberapa tahapan, baik seleksi maupun verifikasi lapangan dari Tim KPK melalui evaluasi dan observasi terhadap implementasi 5 indikator serta 18 subindikator budaya antikorupsi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.


Lebih lanjut, Pj Bupati berharap Desa Muara Gula Baru dapat memotivasi desa-desa lainnya, baik di Bumi Serasan Sekundang maupun di Provinsi Sumatera Selatan dalam penerapan penyelenggaraan pemerintahan desa yang bersih dengan melibatkan peran serta masyarakatnya.


Sementara itu, Direktur PPM KPK menekankan pencegahan korupsi harus juga menjadi tanggung jawab aparatur pemerintahan desa, baik pemerintah desa, BPD maupun elemen masyarakat sehingga diperlukan komitmen bersama seluruh unsur di desa, seperti halnya yang telah dilaksanakan di Desa Muara Gula Baru," ujarnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.