Gerakan TNI AD Manunggal Air Kodim 0404/Muara Enim, Tahap Awal Peresmian 1898 Titik Air di Indonesia


Muara Enim, Liputansumsel.com--Peresmian Nasional serentak TNI Manunggal Air yang diselenggarakan di Halmahera Provinsi Maluku Utara dan dari Ibukota Jakarta dipimpin secara virtual oleh KASAD Maruli Simanjuntak. Dalam kegiatan TNI AD Manunggal Air berupa peresmian dengan target yang tercapai sejumlah 1898 titik air tersebar di sejumlah wilayah tanah air Indonesia, pada Selasa (6/2//2024).


Dari informasi virtual menyebutkan dengan adanya pemanfaatan air bersih, kesehatan penduduk akan terjamin sehingga dapat menghilangkan salah satu faktor penyebab terjadinya stunting. 


Tubuh kita saja 70 % adalah berisikan air. Ibarat tumbuhan jika disiram dengan air yang baik maka akan menghasilkan buah yang bagus, begitu juga dengan tubuh kita dengan mengkonsumsi air yang bersih dan sehat tentunya akan menghasilkan tubuh yang sehat dan kuat," ungkap Dandim 0404/ME Letkol Inf Nugraha SH MIP ditengah sambutannya.


Menjawab banyaknya permintaan masyarakat untuk air bersih dan tersedianya sumber air bagi sektor Pertanian dan Program TNI manunggal air juga diharapkan mampu serta menjaga ketersediaan air pada sektor peningkatan dan pengolahan lahan pertanian karena air merupakan syarat utama dalam meningkatkan hasil pertanian dalam upaya meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pertanian baik jagung maupun padi.


"Manunggal air yang dikerjakan saat ini diharapkan bisa membantu pemerintah daerah dan dapat didukung oleh potensi wilayah perusahaan- perusahaan yang ada untuk mendukung gerakan manunggal air bersih dalam membantu masyarakat, Gerakan ini akan terus di kerjakan secara berkelanjutan untuk kesejahteraan masyarakat," papar KASAD Maruli Simanjuntak.


Untuk manunggal air bersih saat ini baru mencapai 1.898 titik air Se Indonesia dan akan diiringi dengan penanaman pohon sebagai salah satu upaya positif untuk mengurangi dampak banjir serta sebagai cadangan air bersih.


Acara juga dihadiri oleh beberapa perusahaan di wilayah Kecamatan Lawang Kidul. Acara terakhir di Lawang Kidul  ditutup dengan penanaman pohon oleh Dandim 0404/ME  beserta dengan Forkopimda.


Semoga pohon yang kita tanam adalah pohon buah dan bisa menjadi kantung - kantung air sebagai cadangan air bawah tanah," tutur Dandim disaat penanaman pohon.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.