Krisis Air Bersih Warga Kampung Beracung Keluhkan PDAM

PALI, liputan Sumsel -  Perusahaan Daerah Air Minum (  PDAM )  Cabang  Lematang Enim . Cabang kabupaten  PALI   menjadi persoaalan  bagi warga kampung beracung kecamatan Talang ubi Kabupaten Pali, pasalnya perkantoran yang berpelat biru yang berjarak 700 meter tersebut  tidak dapat membantu   kebutuhan bagi  rumah tangga mereka ,  seperti mandi dan mencuci  ,warga beracung  terpaksa   menggunakan air  sumur dan air sungai beracung yang keruh .

Menurut Keterangan  warga Kampung beracung  rumahnya yang berada  Jalan Merdeka Km 3,5 kelurahan Talang ubi Selatan Kecamatan Talang ubi, termasuk dalam wilayah Rt, 002 dan Rt, 006, tepatnya di samping lapangan golf dan sekitar simpang guci.

Sungguh pilih kasihnya,, apabila  seluruh warga kecamatan Talang ubi,  bisa merasakan dan menikmati suplai  air bersih  dari PDAM tersebut, masih ada tempat yang belum bisa menikmati  pasokan air bersih tersebut.

Menurut laporan warga setempat,  Elly Ermanto (47) warga beracung mengatakan pada awak media   ” bahwa ia sudah beberapa kali mengajukan permohonan untuk pemasangan baru dan berlangganan air bersih ke PDAM, tetapi tidak berhasil juga dengan alasan belum ada jalur khusus kerumah untuk kampung beracung , padahal instalasi  penting seperti Line pipa induk milik PDAM melintas di depan rumah warga beracung.

Ia juga mengatakan” meski tinggal di dekat kantor cabang PDAM, tetapi untuk mendapatkan air bersih warga harus membeli dari luar, kalu uji pepatah kite ” Luk Tinggal di kebun Durian, tapi nak tempoyak harus beli kepasar”, tegas elly Ermanto.

Hal yang sama juga di sampaikan oleh warga setempat,  Bambang (43) “kami sudah mengajukan ke PDAM  untuk  pemasangan baru kerumah tetapi tidak ada hasil, jangankan untuk pemasangan PAM yang bersubsidi dari pemerintah, yang bayar saja sangat sulit.

Warga hanya bisa berharap kepada Pemerintah Kabupaten Pali dan instansi terkait  mau membantu warga beracung mengatasi masalah krisis air bersih  ini.

Setelah awak media melakukan penelusuran fakta nya ternyata benar pipa induk milik PDAM berada di depan rumah warga beracung dan terlihat pipa induk yang menyeberang sungai (river crossing line) dengan jalur len pipa air disepanjang jalan merdeka kelurahan Talang ubi selatan .

Menurut Rusdi Kepala PDAM Lematang Enim cabang pali,   saat di konfirmasi via telfon, Rabu (25/4), Ia membenarkan bahwa untuk areal seputaran  beracung dan perumahan plamboyan belum ada pipa  penyambungan PAM kerumah-rumah, dan biaya pembuatan jalur sambungan kerumah-rumah ini, tidak mungkin untuk dibebankan kan kepada warga beracung dan plamboyan , hal ini ada mekanismenya “.

” Ia menyarankan agar warga beracung segera mengajukan surat permohonan pengajuan pembuatan  pipa jalur pelayanan sambungan rumah, melalui kelurahan setempat dan surat tersebut ditujukan ke PDAM Lematang Enim maka pihak nya akan segera memerintah kan bagian perencanaan untuk mensurvei kelokasi dan segera membuatkan jalur pelayanan pipa air sambungan kerumah warga beracung. Pungkasnya (lendri)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.