Perpustakaan Sekolah Bukan Gudang Buku

Palembang--liputansumsel.com--Di era informasi saat ini, nama perpustakaan tentunya bukanlah hal yang asing ditelinga masyarakat. Perpustakaan sudah menjadi bagian terpenting bagi perkembangan ilmu pengetahuan mengingat fungsinya yng cukup signifikan dalam membangun kecerdasan. Sebagai sarana pengelola dan penyedia informasi perpustakaan harus mampu memfasilitasi kebutuhan informasi yang semakin beragam. Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, tentunya membuat perpustakaan tidak dapat dipandang semata-mata sebagai suatu bangunan saja akan tetapi seluruh elemen-elemen di dalam suatu perpustakaan harus diperhitungkan mulai dari koleksi, sarana dan prasarana, sumber daya manusia.
​Perpustakaan yang berkembang saat ini semakin beragam mulai dari Perpustakaan Umum, Perpustakaan Perguruan Tinggi, Perpustakaan Sekolah hingga Perpustakaan Khusus. Sebagai Mahasiswa Ilmu Perpustakaan, Penulis memfokuskan pandangan kepada Perpustakaan Sekolah  yang hingga saat ini masih terdapat perpustakaan-perpustakaan di sekolah yang sangat memperihatinkan dan minim minat kunjung karena masih jauh dari kata baik dan menarik. Perpustakaan sekolah bukanlah gudang buku, perpustakaan adalah gudang ilmu yang perlu dikelola oleh orang-orang berilmu sehingga mampu menjadi solusi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa mulai dari usia dini. Dengan demikian maka perpustakaaan sekolah harus dibenahi. Lantas bagaimanakah perpustakaan sekolah yang baik ? Berikut ciri-ciri perpustakaan sekolah yang baik dan dapat menarik minat kunjung siswa:
1. Bangunannya Menarik
Bentuk desain interior suatu perpustakaan akan sangat berpengaruh terhadap minat kunjung terlebih lagi dilingkungan sekolah yang terbilang sangat jarang terdapat perpustakaan yang megah dalam bentuk bangunannya. Dengan tingkat minat baca yang rendah dilingkungan sekolah, maka gedung yang bagus dan menarik akan berdampak kepada daya tarik siswa untuk berkunjung ke perpustakaan sehingga kegemaran untuk membaca akan meningkat.
2. Bersih dan Rapi
Selain bangunannya yang menarik, tingkat kebersihan dan kerapian di dalam perpustakaan juga harus diperhatikan. Salah satu hal yang menyebabkan siswa berminat untuk berkunjung ke perpustakaan adalah karena tempatnya yang bersih dan penataan ruang yang rapi.
3. Fasilitasnya Lengkap
Perpustakaan yang baik adalah perpustakaan yang mampu menyediakan fasilitas yang baik bagi penggunanya, tidak hanya berupa kelengkapan koleksi akan tetapi fasilitas pendukung seperti komputer, tempat duduk yang nyaman, pendingin ruangan dan lain-lain. Salah satu fasilitas yang harus disediakan oleh perpustakaan sekolah untuk menarik minat kunjung adalah Free Wi-fi sehingga berkunjung ke perpustakaan menjadi hal yang betah karena adanya jaringan internet.
4. Up to date
Selain ciri-ciri tersebut diatas, perpustakaan yang menarik untuk dikunjungi bagi siswa adalah perpustakaan sekolah yanag koleksinya lengkap dan up to date. Perpustakaan sekolah akan minim pengunjung apabila hanya tersedia koleksi buku pelajaran saja. Namun siswa akan lebih antusias jika di perpustakaan sekolah terdapat berbagai macam koleksi seperti buku-buku bacaan, buku fiksi, bahkan majalah dan surat kabar.
5. Petugasnya Ramah
Sebagian besar siswa di sekolah enggan untuk datang ke perpustakaan salah satu penyebabnya adalah faktor petugas perpustakaan yang kurang Welcome dan sedikit jutek terhadap pengunjung sehungga siswa berspekulasi bahwa berkunjung ke perpustakaan bukanlah hal yang menarik. Dengan demikian maka petugas perpustakaan harus mampu bersikap ramah terhadap pengunjung sehingga mereka merasa nyaman untuk terus berada di perpustakaan.


Penulis: Muhammad Rosidin

Post a Comment

0 Comments