ACT Sumsel Gelar Operasi Pangan Gratis Sasar Masyarakat Prasejahtera

Palembang, Liputan Sumsel.Com - Di fase darurat virus corona atau Covid-19, Aksi Cepat Tanggap (ACT) bersama relawan MRI Sumatera Selatan menggelar aksi “Operasi Makan Gratis untuk Masyarakat Prasejahtera” pada Jum’at (3/4). Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh menurunnya pendapatan ekonomi masyarakat ditengah mewabahnya virus corona.

Berbagai imbauan dari pemerintah untuk bekerja dari rumah, tidak berkumpul dan tidak bepergian demi mencegah penyebaran virus corona di Indonesia. Hal ini membuat sebagian sektor informal seperti, pedangan kaki lima, pengendara ojek, pedagang makanan, hingga pengemudi angkutan umum sepi pemasukan.

Hening, Humas ACT Sumsel menjelaskan bahwa Operasi Makan Gratis merupakan bagian dari ikhtiar ACT untuk meredam dampak sosial ekonomi di masyarakat, khususnya kalangan menengah ke bawah.

“Alhamdulillah, berbagai ikhtiar terus kita lakukan untuk menemani masyarakat prasejahtera yang terdampak ekonominya akibat pandemi corona, melalui operasi makan gratis ini kita berharap semua masyarakat Indonesia khususnya Sumsel juga semakin tergerak untuk membantu saudara kita yang membutuhkan, karena inilah bentuk kepedulian kita sebagai manusia yaitu saling berbagi”, katanya

Daya beli masyarakat yang menurun pasca pandemi corona, membuat beberapa warung makan sederhana seperti warteg, dan juga pengendara ojek kehilangan pelanggannya. Hal ini menjadi alasan ACT, menggandeng warung makan untuk turut serta menyediakan makanan bagi penerima manfaat, disamping itu untuk membantu pedagang sekaligus membantu para pekerja informal.

Bu Rojah, selaku pemilik warung makan mengatakan bahwa sejak pandemi corona muncul warungnya menjadi sepi hingga ia tidak dapat mengembalikan modalnya.

“Biasanya kami bisa dapat uang Rp 800.000 perhari dari jualan, ini sekarang sudah berkurang, kemarin saja kami keluar modal untuk beli bahan Rp 700.000 tapi yang kembali uangnya Cuma Rp 300.000, jadi gak balik modal mba”, jelasnya

Operasi makan gratis yang telah diadakan oleh ACT menyasar setidaknya 30 orang pengendara ojek serta 70 orang anak-anak panti asuhan di kota Palembang.

ACT Sumsel menargetkan 1.000 orang yang dapat menerima bantuan makan gratis ini, selain itu program Operasi Sembako Gratis juga akan segera dirilis oleh ACT di kota Palembang. Bagi yang ingin berpartisipasi ACT juga membuka donasi melalui link: bit.ly/SumselLawanCorona.(Rl/A2)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.