Nuansa Berbeda di Pelantikan 135 Orang Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Muara Enim

Muara Enim, Liputansumsel.com
Plt. Bupati Muara Enim, H Juarsah,SH melantik Pejabat Struktural dan Fungsional di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Video Confrence (Vidcon), Kamis (28/5/2020) di Ruang Rapat Pangripta Sriwijaya, Bappeda.

Plt. Bupati Muara Enim H. Juarsah, SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pelantikan para pejabat struktural dan fungsional yang dilaksanakan oleh Pemkab Muara Enim ini merupakan hal yang biasa yang merupakan keharusan dan pasti terjadi dalam suatu organisasi, lebih-lebih organisasi yang besar seperti Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

“Kedudukan dan jabatan bagi seorang Pegawai Negeri Sipil merupakan kepercayaan yang diberikan oleh pimpinan. Maka dari itu pada kesempatan ini saya ingin mengingatkan kembali bahwa sebagai suatu kepercayaan hendaknya jabatan yang diemban haruslah dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, dengan mentaati peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan yang tak kalah pentingnya bahwa jabatan merupakan amanah yang harus dipertanggungjawabkan dihadapan Allah SWT,” ungkapnya.

Kemudian H.Juarsah mengatakan, pelantikan yang dilaksanakan ini mempunyai nuansa yang berbeda dari biasanya, hal ini dimaksudkan untuk tetap mentaati protokol kesehatan Covid-19 yaitu untuk menjaga jarak dan mengurangi kerumunan massa di samping itu sebagian para pejabat yang dilantik tetap berada di tempatnya masing-masing.

“Pelantikan melalui Teleconference seperti ini dimungkinkan sesuai surat edaran kepala BKN Nomor 10 /SE/IV/2020 tanggal 2 April 2020.

Maka itu dengan telah dilantiknya saudara-saudara, saya berharap agar segera melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dengan sebaik-baiknya, terlebih saat ini kita sedang fokus menghadapi perang terhadap penanganan wabah dan dampak sosial dari Covid-19. Dan saya minta juga kepada aparatur sipil negara di jajaran Pemkab Muara Enim untuk berperan aktif mengedukasi masyarakat dan menjadi contoh yang baik bagi masyarakat dalam menghadapi Covid-19 ini,”ucap Juarsah.

Lebih lanjut Juarsah menegaskan bahwa pelantikan pejabat struktural dan pejabat fungsional yang dilaksanakan pada hari ini kita lakukan dalam rangka mengisi jabatan struktural yang sudah lama lowong karena pejabat sebelumnya memasuki batas usia pensiun, adanya penghapusan UPTD, perubahan nomenklatur, mutasi terhadap pejabat yang telah memangku jabatan lebih dari lima tahun dan untuk kepentingan dinas serta memenuhi kepentingan organisasi.

“Untuk itu pelantikan hari ini semata-mata untuk kepentingan roda organisasi agar dapat bekerja secara optimal di samping itu dimaksudkan pula untuk kepentingan promosi bagi aparatur sipil negara itu sendiri,”tambahnya.

Terakhir H.Juarsah menegaskan kembali berdasarkan data dari badan kepegawaian dan pengembangan sumber daya manusia sampai saat ini masih terdapat beberapa jabatan pimpinan tinggi pratama, jabatan administrator, jabatan pengawas yang lowong dan belum terisi di beberapa OPD dan Kecamatan.

“Untuk itu saya minta tim badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan segera memproses pengisiannya karena sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri untuk mutasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Muara Enim masih harus mendapatkan persetujuan dari Menteri"

"Selain itu pengisian jabatan juga disesuaikan amanat undang-undang nomor 5 tahun 2014 tentang aparatur sipil negara dan peraturan pemerintah nomor 11 tahun 2017 tentang manajemen pegawai negeri sipil,”ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Kabupaten Muara Enim Harson Sunardi S.AP, M.Si melalui Kabid Mutasi, Romsah menjelaskan bahwa yang dilantik hari ini merupakan pejabat eselon II, III, dan IV.

“Terdapat sebanyak 135 orang pejabat yang dilantik hari ini dengan rincian eselon II sebanyak 6 orang, eselon III sebanyak 42 orang, eselon IV sebanyak 78 orang, dan Jabatan Fungsional sebanyak 9 orang,”ujar Romsah kepada para awak media.
loading...

Post a comment

0 Comments