Kecamatan IB II Palembang Gencar Sosialisasikan Prokes di Masyarakat


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Pandemi Covid-19 yang disebabkan oleh penularan Virus Corona sampai saat ini belum sepenuhnya berakhir. Penemuan kasus positif baru masih saja terus terjadi di berbagai wilayah sehingga masih membuat masyarakat harus tetap waspada.


Sebagai langkah dalam memutus rantai penyebaran virus Corona tiap-tiap wilayah pun kini terus gencar dengan melakukan berbagai upaya agar wabah tersebut tidak terus merambah. Seperti halnya di Kota Palembang yang mana saat ini sedang memberlakukan penerapan adaptasi kebiasaan baru sebagaimana yang telah diintruksikan pemerintah pusat dalam hal peningkatan disiplin dan penerapan protokol kesehatan.


Camat Ilir Barat II Palembang , Hambali Zen saat diwawancarai, (16 /9/2020) mengatakan, sosialisasi peningkatan disiplin dan penerapan protokol kesehatan terus digencarkan bersama pihak terkait terutama pada masa New Normal.


"Adapun upaya yang kita lakukan dalam mensosialisasikan Kemasyarakat mengenai penerapan protokol kesehatan seperti dengan menyisir kepasar-pasar ataupun kelingkungan  warga yang berada diwilayah kecamatan Ilir Barat II,"


"Kepada pedagang dan pengunjung pasar, tim menyampaikan anjuran untuk tetap memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan pakai sabun dan pakai handsanitizer,"ujar Hambali


Camat Ilir Barat II Palembang Hambali mengatakan kegiatan tersebut bermaksud  memberikan motivasi dan mengingatkan warga masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.


“Saat New Normal, masyarakat diharapkan beradaptasi dengan keadaan, saat masyarakat harus beraktivitas dan pandemi belum sepenuhnya dapat dikendalikan, maka kebiasaan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun dan atau handsanitizer harus tetap dilakukan, termasuk saat beraktivitas di pasar misalnya,” jelas Hambali.


Sosialisasi seperti ini akan terus dilakukan karena menurutnya merubah mindset dan perilaku orang butuh waktu dan upaya berkesinambungan.


“Tidak mudah merubah perilaku orang dalam beberapa kasus, butuh upaya penyadaran terus menerus melalui promosi kesehatan,” imbuhnya.


Hambali  berharap kegiatan sosialisasi terkait pelaksanaan protokol kesehatan di masa New Normal juga harus didukung oleh lintas sektor. Menurutnya, kegiatan baik seperti sosialisasi ini, akan lebih berhasil jika didukung dan dilakukan oleh banyak pihak.


“Mari kita bersama-sama mengingatkan dan memotivasi sekaligus mencegah penularan Covid-19 ini dengan penerapan protokol kesehatan secara konsisten oleh seluruh warga, ”. 


Selain itu juga, Hambali menambahkan di Wilayah Kecamatan IB II diterapkan Program Gerakan Patungan Sedekah (GPS) untuk membantu masyarakat yang terkena Dampak Covid -19 dan warga yang tidak mampu. (Rl/A2)

No comments

Powered by Blogger.