Ketua Persit KCK Cabang LI Kodim 1207/Pontianak, Ajak Kaum Ibu di lokasi TMMD Ke-111 Bergerak Melawan Stunting


 
Kubu Raya -liputansumsel.com--
 Sebagai bentuk kepedulian terhadap pemenuhan gizi dan nutrisi bagi balita. Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana (KCK) Cabang LI Kodim 1207/Pontianak, mengajak kaum ibu di lokasi TMMD ke-111 untuk melawan stunting, serta memberikan susu kepada anak-anak di Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, Rabu (23/06/2021).
Ketua persit KCK cabang LI Kodim 1207/Pontianak, Ny. Prapti Jajang Kurniawan kepada tim publikasi TMMD ke-111 mengajak ibu-ibu warga Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B sama-sama bergerak melawan stunting.
Dijelaskan Ny. Prapti Jajang Kurniawan bahwa stunting selain pertumbuhan yang terhambat, juga dapat dikaitkan dengan perkembangan otak yang tidak maksimal yang menyebabkan kemampuan mental dan belajar yang kurang serta prestasi sekolah yang buruk sehingga stunting merupakan hal penting untuk dicegah.
“Jangan biarkan masa depan anak Bangsa terancam hanya karena stunting, oleh karenanya mari kita saling berpegangan tangan melakukan aksi nyata untuk mencegah dan menanggulangi stunting agar anak kita khususnya Desa Kuala Mandor B ini bisa tumbuh sehat dan berprestasi. Untuk itu peran serta pengawasan mengenai pentingnya gizi harus dimulai dari lingkup keluarga” jelas Ny. Prapti Jajang Kurniawan.
Sementara itu, dr. Yanti Utami tenaga kesehatan dari Puskesmas Kuala Mandor B menjelaskan bahwa stunting adalah masalah gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu lama, umumnya karena asupan makan yang tidak sesuai kebutuhan gizi. Stunting terjadi mulai dari dalam kandungan dan baru terlihat saat anak berusia 2 tahun.
Ditambahkannya, pencegahan terjadinya stunting bisa dimulai dari memperkuat pertahanan keluarga. Periode rawan terjadinya stunting terjadi saat ibu-ibu hamil dan anak-anak yang baru berusia dua tahun. Oleh sebab itu, ia meminta kepada seluruh keluarga di Kecamatan Kuala Mandor B agar selalu memperhatikan gizi.
(Pendim 1207/Pontianak)

No comments

Powered by Blogger.