Wabup Rudi Hariansyah Serahkan Remisi Kepada 40 Orang Narapida di Rutan Kelas II B Painan.


Padang,Painan,Liputansumsel.com- Sebanyak 40 narapidana di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas ll B Painan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mendapatkan pengurangan masa tahanan atau Remisi Umum (RU).


Remisi diberikan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke 76 kemerdekaan Republik Indonesia, (17/8/2021).


Kepala Rutan Kelas II B Painan, Fajar Ferdinan mengatakan, remisi yang diberikan tersebut meliputi kasus yang beragam. Dari total 40 narapidana itu, belum satu pun yang menerima Remisi Umum II atau dinyatakan bebas.


Mereka hanya mendapatkan remisi dengan pengurangan sisa masa hukuman yang bervariasi dari 1 bulan hingga 5 bulan. 


Diantaranya, kasus narkoba sebanyak 15 orang, pencurian 7 orang, perlindungan anak 10 orang, penganiayaan 1 orang,  perampokan 2 orang, pemerasan 1 orang, perjudian 1 orang dan kesusilaan 3 orang.


"Sesuai dengan persyaratan masing-masing, 40 warga binaan di Rutan Painan itu diberikan remisi dengan masa yang berbeda. Mulai dari 1 bulan hingga 5 bulan,"jelas Fajar saat diwawancarai Liputansumsel.com, Selasa (17/8/2021).



Kepala Rutan Kelas II B Painan Fajar Ferdinan didampingi pegawai rutan 

saat wawanacara dengan awak media

Fajar menyebutkan total warga binaan sebanyak 90 orang. Jumlah itu sudah over kapasitas yang selayaknya hanya diisi 36 orang. Meski demikian, pihaknya berharap pemerintah setempat dapat me-relokasi bangunan sehingga hak kenyamanan warga binaan dapat terwujud.


"Kadang saya kasihan juga pak. Kadang, mereka bilang, panas pak. Ya, kita mau gimana lagi, karena memang kondisinya seperti itu,"katanya saat memberikan kata sambutan di depan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda).


Untuk me-relokasi bangunan Rutan Painan, pihaknya membutuhkan pembebasan lahan. Nantinya, akan diusulkan ke kementerian terkait. Minimal lahan yang dibutuhkan sekitar 4 hingga 5 hektare.


"Jadi, pak Wabup dan Pak Ketua DPRD, kondisi rutan kita memang sudah over kapasitas. Mohon sekiranya dapat membantu untuk pembebasan lahan. Setelah itu, kami segera buat proposal untuk diajukan untuk pembangunan fisiknya,"ujarnya.(EL).

No comments

Powered by Blogger.