Wawako Palembang Resmikan Program Sedekah Rumah


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas)Kota Palembang bakal memberikan bantuan rumah kepada masyarakat tidak mampu yang belum memiliki rumah secara cuma-cuma. 


Hal ini diungkapkan Ketua Baznas Kota Palembang, Kgs M Ridwan Nawawi, usai mendampingi Wakil Wali Kota Fitrianti Agustinda meresmikan program bedah rumah milik Siti Aisyah,, di Jalan Kenanga, Lorong Dahlia, Kecamatan Ilir Timur I, Selasa (16/11/2021).


"InsyaAllah, tahun depan kita akan memberikan bantuan sedekah rumah ini, dengan mengandeng REI untuk memberikan bantuan rumah full bagi masyarakat yang benar-benar membutuhkan dan belum punya rumah," ujar Ridwan. 


Adapun syarat untuk dapat bantuan rumah itu, yakni warga yang memang tidak mampu, yang diajukan oleh ketua RT/RW. 


"Tentunya akan kami seleksi lagi dengan ketat dan benar-benar dilakukan dengan transparan," ujar Ridwan. 


Ia mengatakan program ini akan dilakukan dua bulan sekali dengan target setahun ini ada 6 rumah yang akan diberikan. 


"Jadi bantuan rumah ini kita berikan satu rumah utuh lengkap dengan sertifikat tanah, bangunan, sehingga pemilik langsung menempati. Sebelumnya ini program rehab rumah tapi kita ganti dengan sedekah rumah," Ridwan menerangkan.


Ia menambahkan, untuk program bedah rumah tetap berjalan dan ditargetkan sebulan sekali 


"Setiap tahun biasanya kita empat sampai lima rumah yang dibedah dan kita targetkan tahun depan itu setiap bulan."


Ridwan optimis program ini bisa diwujudkan karena kesadaran ASN untuk menyalurkan zakatnya cukup besar.


"Alhamdulilah, kesadaran ASN untuk berzakat meningkat hampir 30 persen, dan setiap bulan zakat ASN imi terkumpul 300 sampai 350 juta dengan target hingga akhir tahun Rp 1 miliar," kata Ridwan. 


Pihaknya pun gencar setiap hari melakukan sosialisasi kepada ASN berzakat. Apalagi, secara nominal zakat ASN ini tidak begitu berat. 


"Kalau dalam hitungan gaji Rp 3,4 juta per bulan hanya 85 ribu."


Wakil Wali Kota Palembang, Fitrianti Agustinda, mengatakan sangat mengapresiasi program-program Baznas. .


"Hari ini kita melakukan bedah rumah yang ke 22 dan kami sangat senang, karena lewat Baznas mampu membantu masyarakat kurang mampu untuk punya rumah layak huni," kata Fitrianti. 


Teeutana program sedekah rumah. Sangat membantu karena warga sekaligus dapat rumah, lahan plus sertifikat. 


Sementara itu, raut wajah bahagia terlihat jelas dari wajah Siti Aisyah yang kini rumahnya sudah tak berdindingkan kayu lagi.


"Alhamdulilah senang dan bersyukur sekarang tidur sudah bisa nyenyak. Tapi, saat ini kami belum ada listrik dan PDAM semoga segera ada," ujar wanita lanjut usia yang suaminya bemun lama ini meninggal dunia. (Rl/Al)

No comments

Powered by Blogger.