Bupati PALI Resmi Lantik Sekda Definitif PALI


Pali,liputansumsel.com--Bupati PALI, Ir. H. Heri Amalindo, MM akhirnya melantik dan mengambil sumpah jabatan terhadap Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten PALI, Kartika Yanti, SH MH, Senin (21/2/2022) bertempat di aula Guest House Rumah Dinas Bupati PALI.


Tamu undangan yang hadir Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumsel, yang diwakili Asisten Pembinaan Kejati Sumsel, Asmadi, SH MH, Wakil Bupati PALI, Drs. H. Soemarjono, Pimpinan DPRD PALI, Kepala Kejari, Kapolres, Danyon Brimob Koramil Talang Ubi, Kepala OPD di lingkungan Pemkab PALI, dan Camat se-kabupaten PALI.


Kartika Yanti sebelumnya merupakan seorang jaksa yang diperkaryakan di jajaran Pemerintah Kabupaten PALI. Sebelum dilantik secara defenitif menjadi Sekda PALI, perempuan kelahiran Palembang, 27 September 1970 itu menjadi Kepala Inspektorat kabupaten PALI. Kemudian, pada medio tahun 2021 Ia mendapat amanah sebagai Pj. Sekda PALI, menggantikan Sekda PALI, Syahron Nazil yang telah pensiun.


Dibincangi sejumlah media usai dilantik, Kartika Yanti menceritakan bagaimana proses dirinya hingga menjadi Sekda PALI.


“Prosesnya tidaklah mudah. Ada izin yang harus dilewati agar bisa definitif. Mulai dari izin ke Kejagung, kemudian proses mengikuti lelang jabatan, kemudian lulus di peringkat pertama, terus mendapatkan SK dari Gubernur. Saat hendak dilantik menjadi definitif seperti sekarang, kembali meminta izin dari Kejagung. Alhamdulillah semua itu sudah dilalui,” ceritanya.


Dalam kesempatan itu juga, Sekda PALI, mengucapkan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepada dirinya.


“Ini suatu amanah yang tidak bisa saya lakukan sendiri. Perlu bantuan dari semua OPD di lingkungan Pemkab PALI, serta forkopimda kabupaten PALI. Agar apa yang menjadi visi misi bupati dan wakil bupati bisa terealisasi dengan baik,” katanya.


Ia juga meminta agar semua OPD di lingkungan Pemerintah kabupaten PALI, taat hukum dan bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku. “Sebagai orang yang basic nya seorang APH, saya mengingatkan kepada semua OPD agar bekerja sesuai aturan yang berlaku. Sehingga, Kabupaten PALI bisa maksimal dalam pembangunan,” tukasnya.


Sementara itu, Bupati PALI, H. Heri Amalindo dalam sambutannya mengatakan jabatan adalah amanah yang wajib dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.


“Amanah harus dipertanggungjawabkan secara konstitusional kepada pemkab PALI. Bekerja secara profesional dan sesuai aturan. Sekali lagi, kami ucapkan selamat bekerja, buktikan kemampuan dan prestasi saudari,” ujarnya.


Mantan Kepala Dinas PU Provinsi Sumsel, itu berharap agar bisa bekerja memberikan yang terbaik untuk kemajuan Kabupaten PALI.


“Ada tiga hal penting yang harus di jalankan yaitu tingkatkan disiplin ASN, bangun hubungan kerja baik dengan DPRD dan Forkopimda, serta lakukan penyusunan anggaran yang berbasis kinerja. Tidak kalah penting, ingatkan kepada OPD agar taat hukum dalam bekerja,” tukasnya.


Di tempat yang sama, Asmadi menerangkan bahwa Kartika Yanti merupakan perempuan pertama di Indonesia dari kejaksaan yang diperkaryakan sebagai Sekda di suatu pemerintahan.


“Memang benar, info yang kami dapat buk Kartika Yanti, jaksa pertama yang diperkaryakan sebagai Sekda, suatu jabatan tertinggi untuk ASN di pemerintahan. Ini bentuk sinergi yang baik antara kejaksaan dengan pemkab PALI. Semoga bisa menjaga nama baik dan bekerjalah dengan sepenuh untuk membangun kabupaten PALI,” pungkasnya.(ADV/ys)



No comments

Powered by Blogger.