Bertemakan Muda-Mudi Berprestasi Bangkitkan Cahaya Islami, IKMB UNSRI Gelar Baturaja's Islamic Festival


Baturaja,liputansumsel.com - Ikatan Kerukunan Mahasiswa Baturaja (IKMB) UNSRI menggelar berbagai perlombaan dalam kegiatan Baturaja's Islamic Festival (BIF) bertemakan "Muda-Mudi Berprestasi Bangkitkan Cahaya Islami" pada Minggu pagi dan siang (4/6/23) di Islamic Center Baturaja.


Diwawancarai disela-sela kegiatan lomba, Ketua Umum IKMB UNSRI 2022-2023

Adam Aditya Ramadhan mahasiswa FISIP UNSRI Jurusan Ilmu Komunikasi 

Semester 4 didamping Ketua Panitia Baturaja's Islamic Festival Muhammad Aziman mahasiswa 

FKIP UNSRI Jurusan Biologi semester 2 mengatakan Baturaja's Islamic Festival terdiri dari serangkaian kegiatan yang diawali dengan Kajian Umum yang disampaikan oleh Ustad Muhammad Teguh bertemakan "Lunturnya Pemahaman Agama Akibat Maraknya Perkembangan Teknologi Di Era Generasi Z" pada Minggu siang atau Ba'da Zuhur tanggal 28 Mei 2023 di masjid Ash-Sholihin Pasar Atas. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan lomba seperti ; Nasyid, Tilawah, Tahfiz, Adzan dan Da'i/Da'iyah pada hari Minggu tanggal 4 Juni di Islamic Center Baturaja.

"Total ada 165 peserta untuk tingkat TPA-TQA dan umum dengan

rentang usia 

dari anak-anak hingga remaja. Para peserta berasal dari sekolah-sekolah Islam, TPA dan TQA yang ada di Kabupaten OKU. Lomba-lomba tersebut memperebutkan Juara 1,2,3 untuk kategori putra-putri dan TPA-TQA. Para pemenang akan mendapatkan Piala, Sertifikat dan Uang Pembinaan," ujarnya.


Lebih lanjut dikatakan Adam, Baturaja's Islamic Festival tersebut sebagai gebrakan dari kegiatan IKMB UNSRI tahun kemarin dan diadakan secara besar-besaran. 

"Insyaa Allah akan secara estafet diteruskan ke kepengurusan IKMB UNSRI berikutnya," lanjutnya.


Ditanya soal tujuan dan harapan dari BIF, Adam mengungkapkan kegiatan tersebut bertujuan memberikan ruang atau fasilitas bagi muda-muda OKU untuk menyalurkan bakatnya meraih prestasi di bidang keagamaan.

"Kami melihat sekarang lomba keislaman minim dilaksanakan. Selain itu, meskipun kami kuliah di UNSRI, namun kami juga bisa mengabdi pada daerah melalui kegiatan-kegiatan seperti ini. Pada dasarnya ada tiga program unggulan IKMB UNSRI, salah satunya Baturaja's Islamic Festival ini. Kemudian ada Try Out Seminar dan Baturaja's Got Talent. Tiap departemen di IKMB UNSRI memiliki program masing-masing. Baturaja's Islamic Festival Ini merupakan program Departemen Kerohanian. Sementara, Seminar kemarin merupakan program dari Departemen Humas," ungkapnya.


Diakhir wawancara, Adam berharap dengan adanya event seperti itu, muda-mudi OKU punya semangat berkompetisi dan meningkatkan prestasi. 

"Kami berharap kegiatan ini bisa terselenggara secara berkelanjutan. Dan dengan ada ruang berkompetisi seperti ini, kami terus berharap Pemkab dan masyarakat OKU mendukung upaya inisiatif dari mahasiswa-mahasiswi UNSRI dalam rangka memberikan suatu edukasi dan wahana berprestasi," pungkasnya. (Duan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.