Banjir dan Tanah longsor melanda di sekitar Danau Maninjau


Sumatera Barat,liputansumsel.com--Musibah banjir dan longsor disertai pohon tumbang melanda 2 nagari di sekitar Danau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya, Jum'at (14/7). 


Berdasarkan informasi BPBD Agam terdapat beberapa titik yang menjadi lokasi bencana yang terjadi di dua nagari yakni, Nagari Koto Malintang dan Nagari Tanjung Sani.


Kalaksa BPBD Agam, Bambang Warsito merinci, Nagari Koto Malintang, Jorong Alai dan Muko-muko. Sedangkan, di Nagari Tanjung Sani musibah longsor dan pohon tumbang terjadi di Jorong Pandan, Sigiran, Sungai Tampang, Pantas, Batunanggai, dan Jorong Galapung.


Update data Titik Lonsor  : 

*Nagari Koto Malintang*

1. Jorong Alai,  jln ruas provinsi kondisi terakir jalan tertutup material dan tidak bisa dilalui. Beberapa rumah banjir. 


2. Jorong Muko muko, 5 titik dg material batua2n.

Warga mengungsi di Masjid Antokan. 2 Rumah rusak parah. Asrama laki2 SMU Agam Cendekia masuk material.lonsor n warung rusak berat.


*Nagari Tanjung Sani*

1.. Jorong Pandan 

2.Jorong Sigiran, Kantor Walinagari lantai 1  masuk material.

3.Jorong Sungai Tampang

4. Jorong Pantas 3 titik di Banda Kantor Nagari. Jembatan kuning, dan sarojo

5. Jorong Batunanggai, 1 rumah rusak berat. 

6. Jorong Sungai Tampang

7. Jorong Galapuang, 2 titik lonsor yakni Bamda Kalumpang, Banda Seilibatu.


Warga sudah mengungsi dan siap siaga berada diatas Keramba dan Masjid

 Untuk mengantisipasi musibah banjir dan longsor susulan . 

Salingka danau Maninjau berduka dg titik titik longsor yang melanda rumah warga. 


Selanjutnya, Bambang mengatakan, dalam Operasi penanggulangan bencana (Pusdalops-PB) itu BPBD Agam bekerjasama dengan beberapa Dinas Perhubungan, SatPoll PP-Damkar, Camat Tanjung Raya, PMI, Walinagari, Walijorong dan juga masyarakat sekitar.

 


Sampai berita ini di turunkan warga dan masyarakat masih was was dengan musibah yang terjadi dan butuh bantuan bagi pihak terkait supaya kembali beraktivitas seperti biasa.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.