Dilepas Pj. Bupati OKU, Ribuan Umat Islam Ikutin Pawai Ta'aruf Sambut 1 Muharram 1445 Hp


Baturaja,liputansumsel.com - Ribuan Umat Islam yang berasal dari TK/TPA, Remaja Masjid, Majelis Ta'alim (MT), Ormas Islam, Sekolah-Sekolah dan organisasi lainnya yang ada di Kabupaten OKU berkumpul memadati Taman Kota (Tamkot) Baturaja untuk mengikuti Pawai Ta'aruf menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah pada Rabu pagi (19/7/23).


Pawai Ta'aruf Menyambut 1 Muharram 1445 Hijriah ini rutin dilaksanakan DPD BKPRMI OKU bekerjasama dengan berbagai pihak di Kabupaten OKU setiap tahunnya sejak tahun 2010. Namun kegiatan rutin tahunan ini sempat terhenti selama 3 tahun (tahun 2020-2022) dikarenakan adanya wabah Covid-19, dan baru diadakan kembali pada tahun 2023 ini. Hal tersebut disampaikan Ketua Umum DPD BPRMI OKU Elfiana, M.Pd kepada media ini Selasa sore kemarin (18/7/23).


Acara Pawai Akbar ini dibuka dengan pembacaan doa yang dipimpin Wakil MUI Kabupaten OKU Ustad Rokhmat Subeki, S. Ag, M.Si. Kemudian dilanjutkan dengan Laporan dari Ketua Umum DPD BKPRMI OKU Elfiana, M.Pd.


Dalam laporannya, Elfiana mengatakan Pawai Ta'aruf menyambut Tahun Baru Islam 1 Muharram sudah digagas BKPRMI OKU sejak tahun 2010 sebagai upaya untuk lebih menyemarakkan syiar agama Islam berkaitan dengan Tahun Baru Islam yang jarang disemarakkan seperti halnya Tahun Baru Masehi.

"Dalam kesempatan ini, kami menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pj. Bupati OKU, Ketua Tim Penggerak PKK, Kapolres OKU, Kadinkes, Kadin Perhubungan dan Kasat Pol PP Kabupaten OKU, para donatur dan semua pihak yang sudah membantu terlaksananya kegiatan Pawai Ta'aruf ini," ucapnya.


Dikatakan Elfiana lebih lanjut, peserta Pawai Ta'aruf pada Tahun Baru Islam 1445 H diikuti lebih kurang 6000 peserta yang berasal dari TK/TPA BKPRMI se-OKU, BKMT, TP PKK, GOW, DWP, Ormas Islam, sekolah-sekolah dan lainnya. 

"Adapun rute Pawai Ta'aruf ini dengan Start dan Finish di Taman Kota Baturaja. Bersamaan dengan kegiatan ini juga dilaksanakan Donor Darah bekerjasama dengan PMI OKU dan disemarakkan dengan pemberian hadiah 1, 2 dan 3 kepada peserta pawai terbaik dari TK/TPA BKPRMI dan MT serta pembagian doorprize dari para donatur," ujarnya. 


Pembukaan Pawai Ta'aruf disemarakkan juga dengan Penampilan Hadroh dari TPA Alisah Khadijah Baturaja

binaan Ustadzah Fauziah dan atraksi dari Kuntau Kabupaten OKU


Dalam Kata Sambutannya Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh panitia BKPRMI, BKMT Kabupaten OKU dan seluruh pihak, baik perorangan maupun secara komunitas yang telah menyelenggarakan acara Pawai Ta'aruf 1 Muharram 1445 H.

"Kadang-kadang kita lupa kita lebih konsen, lebih senang menyelenggarakan perayaan Tahun Baru Masehi, namun kita kadang-kadang lupa pada 1 Muharram yang memang merupakan Tahun Baru Islam. Bahkan di beberapa tempat di daerah lain dalam memperingati Tahun Baru Masehi itu sudah diperlakukan secara luar biasa, dimana kadang-kadang malah sebagai tempat berkumpulnya para pembuat maksiat. 

Oleh karena itu, saya sekali lagi atas nama pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten OKU menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran panitia yang telah bekerja mempersiapkan pelaksanaan Pawai Ta'aruf Tahun Baru Islam 1 Muharram tahun 1445 hijriah ini. Semoga semua yang sudah dilakukan akan menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT. Selanjutnya saya ingin menyampaikan rasa haru dan bahagia saya bisa berada di tengah-tengah peserta pawai yang khas dengan simbol-simbol Islam dalam suasana yang religius dalam ikatan Ukhuwah Islamiyah, bersama-sama berkumpul di tempat ini untuk mengembangkan syiar Islam," ucapnya.


Selanjutnya H. Teddy Meilwansyah berpesan kepada para peserta  untuk mengikuti pawai dengan tertib dan menjaga keselamatan diri masing-masing. "Jangan sampai mengganggu ketertiban masyarakat yang juga pengguna lalu lintas lainnya. Saling awasi salin lihati, jangan sampai nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan pawai ini. selanjutnya mungkin ibu Elviana tahun depan tahun 1446 Hijriah, kita akan membuat pawai ini lebih meriah lagi Insyaa Allah dengan persiapan yang lebih matang karena memang sudah hampir 3 tahun kita belum pernah atau tidak pernah menyelenggarakan pawai seperti ini lagi. Namun Insyaa Allah ini akan menjadi event tahunan dan insya Allah kita akan mempersiapkan lebih baik dan lebih matang dan lebih meriah lagi. Selanjutnya kami atas nama pribadi, keluarga dan atas nama Pemerintah Kabupaten OKU menyampaikan selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram tahun 1445 hijriah dengan doa dan harapan semoga semuanya dapat berjalan dengan sebaik-baiknya dan menjadi ibadah di sisi Allah SWT dan semoga lebih baik dari hari kemarin dan hari ini serta hari esok lebih baik dari semua hari yang telah kita lalui bersama," pungkasnya.


Pada kesempatan itu juga, Pj. Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah didampingi perwakilan Forkopimda, Ketua BKPRMI dan BKMT OKU serta lainnya melakukan pemukulan gong sebagai pertanda dibukanya Pawai Ta'aruf Menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriah sekaligus melepas peserta Pawai Ta'aruf yang juga diikuti Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Zwesty Karenia Teddy.


(Duan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.