Kapolres OKU Ingatkan : Penangkapan, Penahanan, Penggeledahan, Penyitaan Dan Penetapan Tersangka Dan Lain-Lain Harus Dilakukan Secara Bijak


Baturaja,liputansumsel.com - Jajaran Polres OKU melaksanakan Upacara Peringatan HUT Bhayangkara Ke-77 di halaman Kantor Pemkab OKU pada Sabtu pagi (1/7/23).


Dalam upacara yang mengambil tema "Polri Presisi Untuk Negeri. Pemilu Damai, Indonesia Maju" ini bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Kapolres OKU AKBP Arif Harsono, S.IK, M.H, sedangkan sebagai Perwira Upacara AKP Andi Apriasi, SH, M.H dan Komandan Upacara

(Danup)nya Ipda Benamie, SE, MM dari Satlantas Polres OKU.


Upacara HUT Bhayangkara Ke-77 Tahun 2023 ini dihadiri jajaran di Polres OKU, Sekda OKU mewakili Pj. Bupati OKU, pejabat lingkungan Pemkab OKU, Forkopimda atau perwakilannya, Toga, Tomas dan tamu undangan lainnya. 


Kapolda Sumsel dalam pesannya yang dibacakan Kapolres OKU menyatakan Polri harus senantiasa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tanpa pamrih dan tanpa mengenal lelah dalam menjaga dan mewujudkan stabilitaskan nasional di Negara Republik Indonesia khususnya Provinsi Sumatera Selatan.

"Pada kesempatan yang baik ini, saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh personil atas kerja keras, dedikasi dan kontribusi yang telah diberikan selama ini kepada organisasi melalui pelaksanaan tugas yang optimal, demi kemajuan organisasi Polri dan untuk mewujudkan Polri yang dipercaya masyarakat terutama Polda Sumsel yang kita cintai ini. Sebagai Abdi Negara sudah seharusnya kita bersama-sama saling bahu-membahu untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan serta ketertiban di tengah masyarakat kita, jangan sampai lengah dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya. Sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat cepat, bentuk-bentuk ancaman terhadap kepentingan masyarakat bangsa dan negara juga semakin kompleks. Polri harus terus berpacu menguasai iptek agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan. Penggunaan kewenangan Polri harus juga didukung oleh perkembangan teknologi mutakhir. Tetapi saya ingatkan penggunaan kewenangan Polri melakukan penangkapan penahanan penggeledahan melakukan penyitaan penetapan tersangka dan lain-lain harus dilakukan secara bijak, harus dilakukan secara bertanggung jawab. Ingat bahwa negara kita ini adalah negara Pancasila, Negara Demokrasi. Negara yang menjunjung tinggi hak-hak asasi manusia. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa keamanan dan ketertiban dalam negeri dipengaruhi oleh kompleksnya dinamika perkembangan lingkungan strategis baik global regional maupun nasional yang ditandai dengan berbagai permasalahan yang kita temui baik persoalan di bidang politik ekonomi sosial dan budaya serta keamanan mencermati berbagai pengaruh dan kompleksitas di atas. Polri sebagai alat negara yang bertanggung jawab di bidang keamanan harus melakukan berbagai langkah nyata dan upaya konkret baik dalam bidang preventif maupun represif. Selain itu Polri juga memiliki tugas dalam membantu program-program pemerintah sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan dengan baik. Polri bukan hanya harus tampil tegas dan tanpa pandang bulu tetapi juga harus tampil sebagai pengayom dan pelindung masyarakat. Polri juga harus berwajah ramah dan selalu bersifat melayani masyarakat luas, " pesan Kapolda Sumsel.


Lebih lanjut, Kapolda Sumsel dalam pesannya mengatakan Polri harus Presisi dalam menjalankan kewenangannya, harus akurat dalam membuat keputusan. Dunia pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional pemerintah dan pembangunan dalam mencapai tujuan bangsa dan negara maka pada konteks inilah Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri berkewajiban untuk mengawal menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2024. 

"Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu mengerahkan segala sumber daya yang ada serta memperkokoh kerjasama sinergitas dengan penyelenggara Pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya agar pesta demokrasi Pemilu 2024 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. Dengan demikian diharapkan pemantapan demokrasi dapat terwujud serta menjadi landasan menuju Indonesia maju di sini. Kami menekankan bahwa Polri selalu hadir di tengah-tengah masyarakat dan berdiri pada semua golongan tanpa membedakan suku, ras, agama dan tanpa pandang bulu selama bertugas. Selamat bertugas dan teruslah memberikan pengabdian terbaik kepada rakyat, kepada bangsa, kepada negara. Semoga Tuhan yang maha kuasa senantiasa mempermudah kita dalam menjalankan amanah ini. Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia. t

Teruslah bertransformasi menuju Polri yang Presisi untuk negeri menuju Indonesia maju. Selamat hari Bhayangkara ke-77 tahun. Rakyat Indonesia hidup aman dan sejahtera. Marilah bersama-sama mengemban amanah dan kepercayaan rakyat ini dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab. Semoga Allah Subhanahu Wa ta'ala, Tuhan Yang Maha Besar senantiasa memberikan ridho dan bimbingannya pada kita sekalian dalam mengabdikan diri kepada masyarakat bangsa dan negara. Terima kasih," pungkasnya.


(Duan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.