UPTD BLK Baturaja Akan Kirim Peserta Ke Balai Besar Latihan Kerja Industri Serang, Ikuti Pelatihan Teknik Las Dan Listrik


Baturaja,liputansumsel.com - UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Baturaja akan mengirim sebanyak 12 orang peserta untuk mengikuti Pelatihan Teknik Las atau Welder dan Listrik di Balai Besar Latihan Kerja Industri (BBLKI) Serang, Banten pada awal Agustus 2023 nanti.


Hal tersebut disampaikan Kepala UPTD BLK Baturaja Farizal Chandra, SP kepada media ini di sela-sela seleksi calon peserta Pelatihan Teknik Las atau Welder dan Listrik ke BBLKI Serang di Aula UPTD BLK Baturaja pada Jum'at pagi kemarin (21/7/23).


Lebih lanjut Farizal mengatakan para peserta yang mendaftar harus mengikuti seleksi administrasi, tes tertulis dan wawancara. Hasilnya akan diumumkan melalui FB dan IG UPTD BLK Baturaja atau lewat Pesan WA pada hari Senin tanggal 24 Juli 2023 mendatang. 

"Dari seluruh calon peserta yang ikut seleksi akan diambil hanya 5 orang untuk mengikuti Pelatihan Teknik Las atau Welder dan 7 orang untuk Teknik Listrik di BBLKI Serang," ujarnya pria berkacamata ini.



Dikatakan Farizal, nantinya para peserta akan mengikuti Pelatihan Teknik Las atau Welder dan Listrik BBLKI Serang selama satu bulan setengah atau 43 hari dengan 340 jam pelajaran (jpl), dari Senin sampai Sabtu setiap minggunya. 

"Dan mereka mulai belajar disana pada hari Selasa tanggal 1 Agustus 2023. Para peserta akan diberangkatkan dari UPTD BLK Baturaja pada hari Senin tanggal 31 Juli 2023. Semua peserta mendapatkan fasilitas berupa transport, akomodasi dan konsumsi dari BBLKI Serang," ujarnya.


Lebih lanjut Farizal mengungkapkan mengapa dipilih BBLKI Serang sebab mereka disana sudah memiliki kerjasama industri dengan perusahaan-perusaham yang ada di Serang, berbeda dengan yang ada Kabupaten, dimana belum mempunyai kerjasama seperti mereka.

"Sebelumnya UPTD BLK Baturaja sudah mengirimkan peserta mengikuti pelatihan ke Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Bandung untuk jurusan

Teknik Otomotif, Teknik Manufaktur, Teknik Refrigerasi dan TIK. Dengan jumlah peserta, satu orang untuk satu jurusan, jadi totalnya ada 4 orang peserta. Adapun syarat untuk menjadi Balai Besar Latihan Kerja Industri (BBLKI) harus mempunyai kerjasama dengan perusahaan-perusahan atau dunia industri. Kita di UPTD BLK Baturaja ini alhamdulillah 

pada tahun 2023 ini memulai kerjasama dengan Balai Besar. Adapun ke BBLKI Serang, kemungkinan pengiriman peserta pelatihan terakhir untuk tahun 2023. Selanjutnya kami belum tahu apakah kalau masih ada kuota atau tidak setelah ini. Selain itu, kami juga memiliki rencana ke Balai Besar Semarang untuk Pelatihan Jahit, Tenun serta Batik dan ke Balai Besar Samarinda untuk Pelatihan Pengoperasian Alat Berat," ungkapnya.


Farizal menambahkan Pengiriman Peserta Pelatihan ke BBLKI Serang dan Bandung atau lainnya tidak lain bertujuan untuk mencetak tenaga kerja yang terampil dan siap pakai di kelas Industri.

"Semoga melalui pelatihan-pelatihan ini dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten OKU," pungkasnya.


(Duan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.