SMA Negeri 1 OKU Mulai Terapkan Kurikulum "Merdeka Mandiri Berubah" Pada Peserta Didik Baru (Kelas X)


Baturaja,liputansumsel.com- SMA Negeri 1 OKU mulai menerapkan Kurikulum Merdeka "Mandiri Berubah atau Level 2" di Tahun Ajaran Baru ini (2023-2024) pada peserta didik Kelas X (sepuluh). Sementara pada Tahun Ajaran sebelumnya (2022-2023) SMA Negeri 1 OKU sudah menerapkan Kurikulum Merdeka Belajar atau Level 1 yang merupakan penjelmaan dari Kurikulum 13 atau K 13.


Hal tersebut diutarakan Kepala SMAN 1 OKU Anwar, S.Pd, MM saat dibincangi singkat media ini di ruang kerjanya pada Senin pagi (31/7/23).


Lebih lanjut Anwar mengatakan pada peserta didik kelas XI (sebelas) sudah melaksanakan Kurikulum Merdeka Belajar yang masih ada jurusan IPA dan IPS.

"Sementara pada peserta didik kelas XII (dua belas) masih menerapkan Kurikulum K13," ujarnya.


Dikatakan Anwar lebih lanjut, pada Kurikulum Merdeka Berubah tidak ada lagi jurusan IPA dan IPS. 

"Berbeda pada Kurikulum Merdeka Belajar yang masih ada jurusan IPA dan IPSnya. Tetapi peserta didik tinggal diarahkan pada femokusan mata pelajaran," lanjutnya.


Ditanya soal persiapan SMA Negeri 1 OKU untuk penerapan Kurikulum Merdeka Belajar dan Mandiri Berubah, Anwar menjawab pihak SMA Negeri 1 OKU sudah membimtek seluruh guru dengan fasilitator dan asessornya dari guru-guru yang sudah berpengalaman termasuk Pengawas Sekolah yang sudah menjadi guru Penggerak. 

"Termasuk guru dari SMA Negeri 2 OKU yang diminta sebagai fasilitator. Adapun di SMA Negeri 1 OKU sudah ada 2 guru, sementara 1 sedang berjalan," jawabnya.


Lebih lanjut ditanya media ini soal kesulitan yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum Merdeka, Anwar mengungkapkan yang jelas karena Kurikulum Merdeka itu baru, maka otomatis pihaknya menerapkannya secara bertahap.

"Kalau masih dirasa kurang, nanti kita minta para guru mengikuti bimtek lagi. Pada peralihan dari K 13 ke Kurikulum Merdeka, jadi perlu diadakan peningkatan-peningkatan pengetahuan tentang Kurikulum Merdeka itu bagi guru-guru," ungkapnya.


Anwar berharap kedepannya SMA Negeri 1 OKU tetap belajar Kurikulum Merdeka ini dengan penuh disiplin dan dedikasi tinggi, yang diharapkan untuk guru-guru sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan siswa bisa berprestasi.


(Duan)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.