Kepala Puskesmas Tanah Abang,Menghimbau Kepada Masyarakat Waspadai Potensi DBD Dan Tetap Menerapkan 3 M Plus


PALI,liputansumsel.com– Curah hujan dengan intensitas tinggi belakangan ini harus diwaspadai oleh seluruh elemen masyarakat dan pemerintah. Bukan hanya siaga terhadap potensi bencana alam, tetapi juga ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).


Pesan itu disampaikan Kapala Puskesmas Tanah Abang, dr. Almustazairin Menurutnya, musim hujan merupakan fase berkembang biaknya jentik-jentik nyamuk, sehingga kebersihan lingkungan perlu lebih diperhatikan oleh masyarakat.


“Kita ingatkan juga bahwa kita jangan abaikan terhadap potensi penyakit-penyakit rutin yang bisa menimpa masyarakat di musim-musim tertentu, seperti saat ini memasuki musim penghujan yakni adanya penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), sudah ada 3 kasus yang ditangani di Puskesmas Tanah Abang dan semua pasien yang positif sudah kita fogging serta kita berikan bubuk Abate

,” tutur Zairin, sapaan akrabnya kamis (18/01/2024)


Zairin berharap, masyarakat bisa saling mengingatkan untuk menjaga kebersihan lingkungan dan merepakan PHBS.


“Seperti bagaimana membersihkan lingkungan, membersihkan selokan, sampah, ataupun apapun yang bisa membuat sarang nyamuk Aedes Aegypti, ” bebernya.


Lebih lanjut dikatakan, dr. Zairin, menyebutkan, 3 kasus DBD di wilayah kecamatan Tanah sementara ini masih dikatakan relatif stabil kerena musim penghujan akan berlangsung sampai bulan maret, jadi kami belum bisa menyimpulkan menurun atau meningkat dari tahun sebelumnya.


Ia pun meminta warga masyarakat untuk selalu menerapkan 3 M Plus, yakni menguras dan menyikat tempat penampungan air, mengubur/menutup rapat tempat-tempat penampungan air, seperti bak mandi maupun drum, serta mendaur ulang alias memanfaatkan barang bekas yang bernilai ekonomis. Pungkasnya.(AMD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.