Mengenal Budaya dan Sejarah Destinasi Wisata Taman Bukit Siguntang


Palembang, Liputan Sumsel. Com -  Destinasi wisata Bukit Siguntang merupakan tempat bersejarah di bumi sriwijaya yang berada di Provinsi Sumatera Selatan di Jalan Sultan Muhammad Mansyur Kelurahan Bukit Lama Kecamatan Ilir Barat 1 Kota Palembang.


Berdasarkan sejarah Bukit Siguntang merupakan tempat yang dianggap suci dan penuh kharisma sejak pada zaman dahulu kala. Di tempat ini juga banyak terdapat makam para tokoh keturunan Kerajaan Srwijaya seperti Segentar Alam, Puteri Kembang Dadar, Puteri Kembang Selako, Panglima Bagus Kuning, Panglima Bagus karang, Panglima Tuan Junjungan, Pangeran Raja Batu Api, dan Panglima Jago Lawang.


Tidak heran jika kawasan Berbukitan ini menjadi salah satu destinasi wisata sejarah, terutama mengenai sejarah Kerajaan Sriwijaya yang pernah menjadi pusat kegiatan agama Buddha di nusantara.


Para pengunjung yang berdatangan tentunya akan merasakan sebuah panorama keindahan dan kesejukan seperti rindangnya pepohonan yang mengitari lokasi tersebut serta tekstur tana  yang menjulang berbukitan yang dapat membuat kenyamanan para pengunjung.


Saat team Liputan Sumsel mengunjungi taman bukit siguntang terlihat sudah banyak fasilitas yang sudah dapat dinikmati para pengunjung, mulai dari tempat kuliner, tempat santai untuk membuat nyaman pengunjung  serta makam dan petilasan yang sudah direvitalisasi. 


Kepala Seksi Dinas Pariwisata Provinsi yang bertugas di Makam Kerajaan Bukit Siguntang 

 Khairul  menyampaikan untuk meningkatkan kunjungan  pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melakukan berbagai pemugaran atau  revitaliasi.


"Untuk tetap menjaga kelestarian tempat bersejarah tersebut Pemerintah Propinsi Sumatera Selatan terus melakukan pembenahan agar tempat wisata tersebut dapat terus dinikmati bagi wisatawan berkunjung baik dari luar kota maupun dari dalam kota ataupun dari luar negeri,"ujarnya. 


Fasilitas yang ada di Bukit Siguntang seperti musholla, toilet, pendopo, area parkir, menara pandang, pagoda/menara Buddha relief serta tempat kuliner. 


"Jam operasional Bukti Siguntang mulai pukul 8.00-16.00 WIB dan buka setiap hari dan untuk

Harga tiket masuknya Rp 3000 per orang dan ,"ungkapnya. 


Hairul menambahkan destinasi wisata sejarah dibukit siguntang ini tidak hanya dijadikan tempat berziarah akan tetapi dapat dimamfaatkan untuk sarana menambah ilmu pengetahuan mengenai budaya dan sejara yang ada di Sumatera Selatan, pungkasnya.(Ali)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.