Datangkan Pembicara Sumsel * Untuk Bina LSM Abal-Abal

Datangkan Pembicara Sumsel
* Untuk Bina LSM Abal-Abal
MUSIRAWAS- Liputan Sumsel,-Seluruh LSM yang ada di Kabupaten Musi Rawas yang tidak terdaftar di Kesbangpolinmas bakal didata, guna dilakukan pembinaan dan penertiban. Langkah ini sebagai upaya meminimalisir LSM abal yang disinyalir sering meresahkan.
       
Foto Kabid Kebangpollinmas
Kabid Ketahanan ,Ekonomi, Seni Budaya, Agama dan Kemasyarakatan, Kesbangpolinmas, Musi Rawas, Paisal, Rabu, (25/01) mengatakan bagi seluruh LSM yang telah terdaftar akan dilakukan pembinaan sekaligus sosialisasi Peraturan Pemerintah (PP) nomor 58 tahun 2016 tentang pelaksanaan Undang Undang nomor 17 tahun 2013 terkait masalah organisasi masyarakat. "Dalam pembinaan sekaligus sosialisasi terhadap 48 LSM yang terdaftar di Musi Rawas ini akan didatangkan pemateri dari pusat"katanya.
          Paisal juga mengatakan saat ini disinyalir  ada ratusan lembaga yang mengaku LSM di Musi Rawas, namun hanya ada 48 LSM yang legal dan terdaftar di Kesbangpolinmas.Untuk itu pihaknya akan mendata seluruh LSM tersebut agar dibina dan diminta segera mendaftar di Kesbangpolinmas.
" LSM tidak terdaftar ini disinyalir kerjanya meresahkan SKPD dengan membuat surat laporan dugaan kasus.Untuk itu akan kita bina, agar mereka menjadi lembaga yang legal," katanya.
          Untuk menunjang kegiatan pembinaan terhadap LSM ini, Pemkab Musi Rawas akan membetuk tim terpadu yang terdiri dari pihak kepolisian, kejaksaan, unsur pemerintahan dan pihak terkait lainnya.
" Jadi jika nanti ada LSM yang terindikasi meresahkan dan bekerja tidak sesuai tugas dan fungsinya sebagai LSM, biarlah tim yang akan menindaknya" kata mantan ketua Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Musi Rawas ini,(HPMM).
          Lebih lanjut dikatakan Paisal, setelah terbentuknya tim pembinaan LSM di Musi Rawas, 2018 mendatang ditargetkan tidak ada lagi LSM yang kerjanya hanya menganggu kinerja instansi tapi mereka sendiri tidak legal.
" Kedepan kita inginkan fungsi LSM ini berjalan sesuai tugas pokok dan fungsinya" pungkas alumni IAIN Raden Patah Palembang ini.( Firmansyah/Camiel. Editor: Muslimin Baijuri)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.