Bupati, PJ Kades Harus Oftimal Jalankan Aturan

Liputansumsel.com -Muratara. Sekretaris Daerah Setda Kabupaten Musi Rawas Utara, H. Abdullah Makcik melantik empat PJ Kades bertempat di gedung serba guna Kecamatan Rawas Ulu, Selasa (13/6)

Empat Pejabat Kades yang dilantik yakni Pj Kades Tanjung Raja, Dahmudin, Pj Kades  Pangkalan Rawas Ulu, Abdullah, Pj Kades Pulau Lebar, M. Yusuf Dan Pj Kades Kertasari, Hadis Parman.

Dalam sambutannya mewakili Bupati Musi Rawas Utara, H. Syarif Hidayat mengatakan ada beberapa PR untuk Pj Kades yang dilantik. Meski hanya pejabat sementara, fungsi dan keteladanan kades harus optimal dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

PJ Kades harus terbuka dalam program-program yang akan dilaksanakan. Sehingga Hasil pembangunan tersebut dapat dimanfaatkan sebaiknya untuk masyarakat desa setempat.

PJ Kades harus dekat dengan masyarakat, serap aspirasinya dan sampaikan program pembangunan Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas Utara, sehingga program yang real itu memang dirasakan masyarakat, ungkap Sekda dalam pidatonya.

Kades merupakan corong terdepan bagi daerah kabupaten dalam menyampaikan pembangunan yang ada. Seiring otonomi desa, kades harus optimal dalam menggunakan dana desa tanpa penyelewangan. Dana Desa (DD) harus benar-Benar dipertanggungjawabkan sesuai kebutuhannya.

Dikatakan H. Abdullah Makcik "Apabila ada kendala silahkan berkoordinasi dengan pihak kecamatan dan PMD sehingga tidak ada kekeliruan maupun penyelewangan penggunaan dana desa tersebut," jelas dia.

Selain itu PR pejabat kades adalah segera membentuk dana desa beserta payung hukumnya. Sebab kedepannya penggunaan dana desa tadi diserap melalui badan Usaha milk desa (Bumdes).

Dengan adanya Bumdes Kades dapat mengeksplor industri rumah tangga yang ada didesa sehingga menjadi pendapatan bagi warga setempat.

Dia mencotohkan, buah jeruk yang ada Didesa Terusan dapat di eksplor dan dijadikan sirup. Untuk pemasarannya dapat melalui Bumdes tadi.

"Dalam hal teknis pembentukannya silahkan berkoordinasi dengan bagian hukum Setda Muratara," ungkapnya.

Sambung Sekda, PJ Kades hendaknya dapat menciptakan iklim politik yang kondusif di daerahnya masing-masing dalam menyambut pilkades serentak 2017 ini.

"Kedepan akan ada pilkades serentak, hantarkan pilkades serentak dengan baik jangan ciptakan kotak-kotak diantara pendukung yang ada. Suksesi pemerintahan kades adalah menjadikan Pilkades serentak mrnjadi suatu euforia dalam belajar berdemokrasi, "pintanya.

Selanjutnya PJ Kades Kertasari, Hadis Parman mengungkapkan, setelah dilantik ini pihaknya Siap bersinergi dengan Pemerintahan daerah dan juga sebagai penyambung lidah dengan masyarakat. Kami siap melaksanakan arahan yang diperintahkan. (Camiel Coesar).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.