HDMY Siapkan Program Menuju Sumsel Maju, Mandiri Dan Berahklaq

Sumsel,--liputansumsel.com--
Salah satu Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel, Herman Deru- Mawardi Yahya (HDMY) telah menyiapkan Program Desa Luhur Mandiri (Desa Kelurahan Maju Disiplin dan Religius).

Menurut Herman Deru yang akrab disapa HD, program DESA LUHUR MANDIRI adalah program  untuk menyiapkan dan menerjunkan 3 orang sarjana, dengan disiplin ilmu Pertanian/Perkebunan, Sarjana Ekonomi dan Sarjana Agama ke seluruh desa dan kelurahan se Sumsel. 

“Dengan program Desa Luhur Mandiri ini, diperkirakan sekitar 10.000 sarjana baru akan diterjunkan ke desa dan kelurahan. Tugas mereka adalah memberikan pendampingan, pelatihan dan pendidikan kepada masyarakat,’’ jelas HD dihadapan relawan HDMY bertempat di posko Pemenangan, Palembang, Senin (15/1).

HD menjelaskan, 3 sarjana dengan disiplin ilmu berbeda tersebut akan mendampingi, melatih dan mendidik masyarakat sesuai dengan  bidang masing-masing. Misalnya sarjana pertanian/perkebunan akan mendampingi bidang pertanian. Sarjana ekonomi akan memberikan pelatihan tentang kewirausahaan dan sarjana Agama akan memberikan pendidikan soal-soal agama dan akhlak.

“Kita berharap dengan program Desa Luhur Mandiri ini, masyarakat desa dan kelurahan tidak hanya perekonomiannya bangkit, tetapi juga tetap kehidupan keagamaaan tetap terjaga, Sehingga terciptalah masyarakat Sumsel yang maju, mandiri dan agamis,’’ harapnya.

Herman Deru menegaskan, dirinya sangat optimis bahwa Program Desa Luhur Mandiri tersebut dapat  membantu mengatasi persoalan penggangguran dan kemiskinan yang sampai saat ini masih cukup tinggi di Sumsel, terutama di pedesaaan.

Program ini juga sekaligus membuka lapangan pekerjaan bagi para sarjana yang baru tamat dari berbagai perguruan tinggi di Sumsel.

“Insyaa Allah jika terpilih dan diantik menjadi gubernur nanti, program Desa Luhur Mandiri ini langsung bisa dilaunching dan dilaksanakan. Ini artinya sekitar 10.000 sarjana baru dapat disalurkan pekerjaanya,’’ ujar ayah dari Percha Lean Puri ini.

Sementara Mawardi Yahya (MY) yang merupakan Calon Wakil Gubernur ini menambahkan, program Desa Luhur Mandiri ini adalah jawaban atas persoalan yang ada di tengah-tengah masyarakat Sumsel. Sehingga program tersebut akan disambut antusias masyarakat.

“Program Desa Luhur Mandiri ini adalah program nyata dan menjadi solusi dari permasalahan yang ada di Sumsel saat ini,’’ jelas MY.

MY menambahkan dari sisi anggaran, Program Desa Luhur Mandiri sangat mudah untuk diterapkan. Mengingat anggaran yang disiapkan tidak terlalu besar dan tidak memberatkan APBD Sumsel yang saat ini sudah mencapai Rp  sekitar 6,8 Triliun.

“Semoga program yang dinanti-nanti masyarakat ini dpat berjalan dengan baik,’’ harapnya dihadapan para pendukung dan relawan HDMY. (rul)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.