Kedaulatan Petani Kecil di Lahan Gambut atas Pangan jadi Masa Depan Ketahanan Pangan Indonesia.

Artikel ini mengeksplorasi ide tentang pemenuhan kedaulatan petani kecil Indonesia yang berpotensi menimbulkan peluang ganda bagi bangsa, yaitu:
  1. Memastikan amannya ketahanan pangan Indonesia dimasa depan; Prof. Dwi Andreas menyatakan kedaulatan petani kecil atas pangan - termasuk didalamnya kesempatan akses ke pasar dan metode pertanian sesuai dengan budaya dan ekologi - merupakan komponen penting karena ketahanan pangan jangka panjang tergantung pada mereka yang memproduksi bahan pangan.
  2. Membantu upaya restorasi ekosistem gambut; upaya pelatihan untuk pemenuhan potensi dan kapasitas petani sangat krusial dalam proses restorasi ekosistem gambut Indonesia. Harapannya, petani memiliki kecukupan informasi untuk peningkatan produktivitas sambil menjaga ekosistem gambut tetap baik. Tindakan ini secara otomatis akan membuat upaya restorasi ekosistem gambut berjalan berkelanjutan.
Namun sebelum sampai ke titik para petani kecil di lahan gambut memiliki kedaulatan untuk dapat memproduksi mandiri kebutuhan pangannya dan bahkan menjadikannya komoditas ekonomi potensial, terdapat berbagai tugas restorasi ekosistem gambut yang perlu dilaksanakan oleh seluruh pihak terkait.

Artikel ini diharapkan menjadi ajakan bagi para pembaca untuk bersama mendukung penghidupan dan kesejahteraan para petani kecil, terutama mereka yang berada di lahan gambut, dengan meningkatkan kepedulian akan lestarinya lahan gambut Indonesia.Oka oleh :Ciptantio Octorama
loading...

Post a comment

0 Comments