Jemput Bola Hidupkan Pariwisata di Jirak Jaya

SEKAYU,—liputansumsel.com--Pandemi COVID-19 yang saat ini masih melanda tentunya sangat melumpuhkan semua sektor salah satunya sektor pariwisata. Tidak ingin, sektor pariwisata tenggelam pada saat pandemi dukungan usaha datang Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Muba mensuport secara penuh sektor pariwisata Tanjung Manau Kuning dan Waterboom Gunung Sari di Kecamatan Jirak Jaya, Kabupaten Muba.

Bupati Musi Banyuasin melalui Kepala Dispopar Muba, M Fariz SSTP, mengatakan memang sektor pariwisata saat ini juga terkena efek pandemi COVID-19. Oleh karena itu, dirinya bersama Camat Jirak Jaya dan Kades Jerambah Gantung berdiskusi mengenai bagaimana untuk membangkitkan kembali sektor usaha pariwisata di Muba setelah lama vakum akibat terdampak COVID-19.

“Ya, di Kecamatan Jirak Jaya ini ada Tanjung Manau Kuning dan Waterboom Gunung Sari kedua potensi wisata ini sebelum pandemi banyak dikunjungi. Memasuki pandemi sudah mulai berkurang pengunjungnya, oleh karena itu tempat ini wajib kita suport untuk terus berkembang,”kata Fariz, Jumat (29/7/20).

Dalam menghidupkan sektor pariwisata pihaknya menawarkan kepada Camat untuk membuat sebuah event seperti festival atau perlombaan dalam bentuk promosi pariwisata di Kecamatan Jirak Jaya.

“Kita akan suport terus, selagi itu untuk perkembangan pariwisata di Bumi Serasan Sekate,”ungkapmya.

Selain itu pihaknya menyalurkan bantuan masker dari kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk pelaku usaha pariwisata terdampak COVID-19 di Muba. “Total ada lebih dari 1000 masker yang akan dibagikan nantinya untuk pelaku pariwisata,”jelasnya.

Sementata itu, Camat Jirak Jaya Yudi Suhendra SE MSi, menambahkan pihaknya mengapresiasi langkah cepat Dispopar Muba dalam menghidupkan potensi pariwisata di era new normal. Setelah ini, pihaknya berharap adanya sinergitas antara Dispopar Muba dan Pemerintah Kecamatan untuk pengembangan potensi wisata desa menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Muba.

“Pemerintah Kecamatan akan berupaya menyelenggarakan event tahunan, seperti menggelar parade budaya masing-masing desa tentunya bekerja sama dengan Dispopar Muba. Apabila potensi pariwisata di Kecamatan Jirak Jaya sudah dikenal, maka event tersebut bukan tidak mungkin akan diselenggarakan setiap tahunnya,” ungkapnya.(agung/rill).
loading...

Post a comment

0 Comments