PWI Audiensi Terkait Program Sinergi dengan Plt Bupati Pemkab Muara Enim


Muara Enim, Liputansumsel.com--Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Muara Enim melakukan audiensi bersama Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH yang didampingi Plt Asisten I, Drs Emran Thabrani, Kakan Kesbangpol Kabupaten Muara Enim, Drs Andi Wijaya, Kakan Kominfo Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi dan staf ahli Pemkab Muara Enim, Alfarizal serta jajaran pengurus PWI Kabupaten Muara Enim.


Audiensi dilakukan terkait program sinergi antara PWI Kabupaten Muara Enim dengan Pemkab Muara Enim Tahun 2020 dan Tahun 2021 bertempat di ruang rapat Bupati, Senin (2/11/2020)


Ketua PWI Kabupaten Muara Enim  Siswanto SH dalam audiensi mengatakan, ada beberapa hal yang perlu disinergikan diantaranya soal dana hibah PWI Kabupaten Muara Enim Tahun 2021 dari Pemkab Muara Enim, soal hibah tanah, dan anggaran publikasi yang masih minim.


"Kita meminta kejelasan dari Pemkab Muara Enim terkait masalah itu demi keberlangsungan profesi wartawan di Kabupaten Muara Enim, khususnya kawan-kawan wartawan yang tergabung di PWI Kabupaten Muara Enim," ungkapnya.


Menanggapi hal itu, Plt Bupati Kabupaten Muara Enim, H Juarsah SH mengatakan, dirinya berharap ajang silaturahmi dengan wartawan dapat diagendakan per bulan atau per 3 bulan.


Dikatakan Juarsah, silaturahmi dalam agama sangat dianjurkan karena memanjangkan umur dan memperbanyak rezeki. Selain itu, momen seperti ini dapat menjadi bahan evaluasi atas kinerja dan kerjasama yang sudah dijalankan.


Terkait hibah Tahun 2021 dari Pemkab Muara Enim, dirinya berharap OPD terkait dapat mempelajarinya dan disesuaikan dengan aturan yang ada," ungkapnya.


"Saya melihat besar sekali peran serta pers sangat penting dalam pembangunan. Perannya sebagai sosial kontrol berupa saran dan kritik dalam pembangunan itulah yang ingin saya harapkan. Saya mendukung usul dan saran dari rekan-rekan PWI untuk teknis dapat atau tidaknya direalisasikan silahkan dikoordinasikan dengan dinas terkait dengan mengacu kepada aturan dan kemampuan yang ada," terang Juarsah.


Kakan Kominfo Kabupaten Muara Enim, Ardian Arifanardi menjelaskan, bahwa saat ini jumlah anggaran publikasi di Kantor Kominfo Kabupaten Muara Enim Tahun 2020 sebanyak 51 persen dari total anggaran Kantor Kominfo Kabupaten Muara Enim dan telah menampung kerjasama sebanyak 81 media cetak dan 68 media online dan dua media elektronik.


"Kendalanya memang ada sebagian kawan-kawan media online yang belum terpuaskan dengan kerjasama yang ada terkait kuantitas kerjasama. Saran kami, jika diperbolehkan selain di Kominfo, pihak Humas, Protokol dan Komunikasi Pimpinan juga dapat menganggarkan kerjasama di Tahun 2021," jelas Ardian.


Sementara itu, Kakan Kesbangpol Linmas Kabupaten Muara Enim, Andi Wijaya menjelaskan, terkait bantuan hibah tersebut pihaknya akan memperlakukan PWI sama dengan ormas lainnya. Jika ada hibah, maka hibahnya dalam bentuk kegiatan.


"PWI dapat mengajukannya dalam bentuk proposal dan dianggarkan di tahun berikutnya, sifatnya tidak terikat dan tidak terus-menerus," paparnya. (Ntn)

No comments

Powered by Blogger.