Tiga Tahun Menderita Penyakit Diabetes, Akhirnya Mariyam Dirawat di RS


Palembang, Liputan Sumsel.Com - Selama tiga tahun Mariyam warga Lorong Kebon Raya, No 190 C, RT 03/01, Kelurahan Bukit Lama, Kecamatan Ilir Barat 1, Palembang menderita penyakit darah tinggi dan diabetes.


Meski pernah diperiksa ke dokter, namun dikarenakan biaya yang cukup mahal dan tidak mempunyai Kartu Indonesia Sehat (KIS) membuat Mariyam akhirnya memilih menghentikan proses pengobatannya secara medis.


"Pernah berobat, hanya saja kami tidak ada biaya jadi selama ini cuma pengobatan biasa saja," ujar Junaina menantu Mariyam, Jumat (20/11/2020).


Saat Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda mengunjungi warganya yang sakit tersebut, terlihat Mariyam hanya bisa terbaring di ruang tamu rumahnya.


"Iya, hari ini kita mengunjungi Ibu Mariyam yang sakit diabetes, yang mana kediamannya dekat dengan rumah saya. Saya selalu memberi tahu kepada warga Palembang, untuk segera melapor apabila ada warga yang sakit," tutur orang nomor dua di Palembang ini.


Tak hanya sekedar melihat kondisi saja, Fitri juga memberi bantuan kursi roda kepada Ibu Mariyam. Dan ibu Mariyam langsung di bawa ke RSUD BARI Palembang untuk pengobatan lebih lanjut. "Ibu jangan takut semua pengobatan gratis, sekarang ibu sudah punya kartu KIS ya," ucapnya.


Sementara itu, Fitri juga mengimbau bagi warga yang tidak mempunyai KIS segera lapor dan akan segera didaftarkan.


"Terus bagi yang kesulitan mengurus KTP tinggal bilang aja ya. Kita ini tetangga ya ibu-ibu, tinggal ketok saja rumah saya, Insya Allah akan segera diurus," tutupnya.

(Rl/A2)

No comments

Powered by Blogger.