BPBD OKU Kembali Bersihkan Bawah Jembatan Ogan Dua


Baturaja,liputansumsel.com - Pihak BPBD OKU kembali berjibaku membersihkan tumpukan sampah, kayu dan bambu yang menyangkut dan menumpuk di tiang bawah Jembatan Ogan Dua.


Hal tersebut disampaikan, Kalaksa BPBD OKU Amzar Kristofa, SIP, M.Si kepada media ini melalui pesan WAnya Jum'at pagi lalu (22/1).

Menurutnya sudah dilakukan pembersihan kembali di bawah Jembatan Ogan Dua oleh Tim dari petugas BPBD OKU.


"Pada minggu yang lalu tanggal 14 dan 15 Januari 2021 dalam rangka antisipasi dan pencegahan banjir, BPBD Kabupaten OKU melakukan pembersihan sampah, kayu, bambu, plastik dan lain-lain yang menyangkut dan menumpuk di tiang jembatan Ogan Dua, dimana tumpukan sampah tersebut menutupi sebagian alur sungai Ogan. Namun selang satu minggu kemudian terjadi lagi penumpukan sampah meski volumenya lebih sedikit, untuk itu BPBD OKU kembali pada Jum'at tanggal 22 Januari 2021 melakukan pembersihan disana," ujarnya.


Amzar menegaskan sampah yang terdapat di Sungai Ogan sangat terkait dengan prilaku masyarakat yang belum memiliki kesadaran untuk menjaga lingkungan. "Untuk itu, kami menghimbau kepada masyarakat agar berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi membuang sampah di sungai. Mengingat sungai adalah sumber air bagi masyarakat, dan apabila sungai kotor dan banyak sampah dapat menyebabkan aliran air sungai tidak lancar dan berpotensi sebagai penyebab banjir," tegasnya.


Seperti yang diberitakan media ini pada Jum'at lalu (22/1), sampah, kayu dan bambu kembali menumpuk di bawah Jembatan Ogan Dua pada hari Kamis tanggal 21 Januari. Tumpukan itu nyangkut di salah satu tiang jembatan yang menghubungkan Kelurahan Sukajadi dengan Kemalaraja serta jalan lintas Baturaja ini. 

Keadaan tersebut berdasarkan pantauan media ini di lokasi pada Kamis siang menjelang sore (21/1). 


Sementara itu, Gunalfi dari bagian Pusdal Ops BPBD OKU melalui pesan WAnya ke media ini Minggu pagi (24/1) melaporkan Update Peringatan Dini Cuaca Sumsel pada tanggal 24 Januari 2021 pukul 00.40 WIB masih berpotensi terjadi Hujan Sedang-Lebat yang dapat disertai Kilat/Petir dan Angin Kencang pada pukul 01.10 WIB  salah satunya di wilayah Kabupaten OKU yakni ; Peninjauan, Sinar Peninjauan, Baturaja Timur dan sekitarnya.

"Kondisi ini diperkirakan masih akan berlangsung  hingga pukul 05.10 WIB.

Berdasarkan Prakirawan BMKG Sumatera Selatan

http://www.bmkg.go.id," terangnya.



(Duan)

No comments

Powered by Blogger.