Jelang Ramadhan, Disbunnak OKI Temukan Ini Saat Lakukan Sidak Ketersediaan Daging di Pasar Kayuagung


OKI, LiputanSumSel.Com – Tim Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) memastikan ketersediaan (stock) daging sapi, ayam dan telur tercukupi hingga datangnya Hari Idul Fitri 1442 H mendatang.


Hal ini diungkap Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten OKI Aris Panani, S.P, M.Si usai melakukan sidak di beberapa tempat penampungan sapi atau rumah pemotongan hewan (RPH) juga sejumlah pasar di wilayah Kabupaten OKI diantaranya pasar Tugu Mulyo, Jumat (9/4/21) siang.


“Pelaksanaan Sidak yang dilakukan

oleh Tim ini bertujuan guna memastikan ketersediaan daging sapi, daging ayam dan telur di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang dipastikan cukup untuk memenuhi

permintaan konsumen menjelang Bulan Suci Ramadhan bahkan hingga Idul Fitri mendatang, “ungkap Aris.


Selain itu dikatakan Aris, pihaknya juga telah melakukan pemeriksaan dan mengambil sampel daging sapi dan ayam guna menjaga kesehatan dan kelayakan konsumsi daging. Hingga dipastikan produk hewan yang beredar kategori layak konsumsi atau memenuhi prinsip Aman, Sehat, Utuh dan Halal.


“Dalam sidak itu, satu persatu daging sapi dan ayam dari pedagang dan jagal hewan diperiksa. Dan sejauh ini tidak ditemukan daging sapi maupun ayam tidak layak konsumsi, “terang dia.


Namun Aris mengungkap, pihaknya hanya menemukan lonjakkan pada harga daging ayam dan telur pada saat melakukan pemeriksaan harga di pasar Kayuagung. “Harga Daging sapi Rp120.000/kilogram, harga daging ayam mencapai Rp 40.000/kilogram, dan harga Telur Rp23.000/kilogram.  Namun kesemuanya terlihat segar dan tidak ditemukan daging sapi oplosan ataupun ayam tiren (mati kemaren), “tekan dia.


Hanya saja pihaknya mengimbau kepada masyarakat, khusunya ibu- ibu, harus cerdas untuk mengontrol produk yang dibelinya. “jangan hanya melihat dari harga yang murah, tapi juga harus diperhatikan kwalitas produk pangan asal hewan yang dibeli untuk dikonsumsi keluarga di rumah, “pintanya.


Sidak dilakukan oleh tim Kesmavet Disbunnak Kab OKI diantaranya Kadisbunnak, Aris Panani SP, M,Si, Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sadi Purwanto SP, M.Si, Kasi Kesmavet Amril Alamsyah S.Pt dan Kasi Kesehatan Hewan, drh. Surma Diana serta Kasi Pemasaran dan Promosi Hasil, Edi Susamtono, SP.(PD)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.